Tau Manusia Bugis

Buku 'Tau, Manusia Bugis': Cara Mengobati dan Menghindari Doti (Black Magic)

Secara garis besar orang Bugis membagi jenis sakit itu dalam dua kategori. Pertama, penyakit panas yang disebut lasa atau doko pella.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi sihir. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Secara garis besar orang Bugis membagi jenis sakit itu dalam dua kategori.

Pertama, penyakit panas yang disebut lasa atau doko pella.

Kedua, sakit dingin dan dikenal sebagai lasa cekkek.

Baca tulisan sebelumnya: Buku 'Tau, Manusia Bugis': Jenis Penyakit dan Penyebab Sakit (Lasa atau Doko) Orang Bugis

Lasa pella mencakup seluruh jenis penyakit yang dipandang mempunyai muatan panas, kendati pun unsur panas tersebut hanya mengendap dalam diri seseorang.

Sebaliknya lasa cekkek mencakup seluruh jenis penyakit yang dianggap mempunyai kandungan dingin, baik unsur dingin tersebut dapat terasa melalui rabaan di permukaan kulit maupun hanya terselubung dan mengendap dalam diri seseorang penderita.

Sesuai dengan pengelompokkan penyakit menurut kategori panas dan dingin tersebut, pengetahuan orang Bugis yang bertalian  dengan  sistem  pengobatan  tradisional pun terbagi ke dalam dua kelompok dasar.

Pertama, pengobatan terhadap gejala panas, disebut urang pella; dan kedua pengobatan yang bertalian dengan gejala dingin, disebut urang cekkek.

Konsep ini, seperti dalam kenyataannya telah mendorong pula tumbuhnya aneka ragam cara dan praktek pengobatan, baik melalui sistem ramuan maupun mantera-mantera disamping adanya jenis upaya lainnya seperti upacara tolabala, meditasi, penggunaan sistem penangkal dan azimat. 

Upaya pengobatan tersebut biasanya dilakukan oleh tokoh setempat yang dikenal sebagai sanro (medicine man).

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved