Breaking News:

Khazanah Islam

AG KH Muh Yunus Martan: Kiai Pesantren Pertama Pencetus Radio Swasta Indonesia

AG KH Muh Yunus Martan: Kiai Pesantren Pertama Pencetus Radio Swasta Indonesia, Radio Suara Asadiyah

Editor: Mansur AM
Dok Asadiyah
AG KH Muh Yunus Martan 

Muh. Rusydi Arif

Alumni As'adiyah
Direktur Damai Bangsa Institute

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pada tulisan pertama saya tentang AG. KH. Yunus Martan: Jejak yang Tersisa dari Haul ke-35 AG. KH. Muh. Yunus Martan, Tribun Timur (4/8/2021), saya sedikit mengulas beberapa mumayyizat (keistimewaan) beliau selama mengabdikan diri mengelola Perguruan As'adiyah yang jarang terekspos di ranah publik.

Tulisan saya kali ini, akan mengulas lanjutan
mumayyizat (keistimewaan) AG. KH. Muh. Yunus Martan dari sisi loncatan berfikirnya melintasi zaman dan waktu.

Boleh saja Ponpes Sidogiri, Pasuruan (1718), Ponpes Langitan, Tuban (1852), Ponpes Tebuireng, Jombang (1899), Ponpes Darul Ulum Banyuanyar, Madura (1787), Ponpes Buntet, Cirebon (1785), Ponpes Al-Falah Ploso Mojo, Kediri (1925), Ponpes Tremas, Pacitan (1830), Ponpes Jamsaren, Solo (1750) dan sejumlah Ponpes tua lainnya di pulau Jawa yang usianya jauh lebih tua dari Ponpes As'adiyah.

Bahkan Ponpes Gontor, Ponorogo (1926) dengan diksi 'modern' di belakang namanya, "Institut Darussalam Modern Gontor", yang secara usia juga lebih tua dari Ponpes As'adiyah (1928).

Meskipun Ponpes tersebut di atas usianya jauh lebih tua daripada Ponpes As'adiyah tapi tidak kemudian mampu menjadi pelopor kemajuan dalam hal penyesuaian dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, khususnya di bidang teknologi media.

Ponpes As'adiyah yang hadir belakangan yang secara usia relatif jauh lebih muda usianya tapi justru lebih dulu melakukan improvisasi dan inovasi dengan gerakan degitalisasi "media udara" sebagai medium dalam pendidikan, syiar dan dakwah ke masyarakat.

Dari sisi usia, memang Ponpes tersebut lebih tua tapi secara gagasan dan aplikasi ide, Ponpes As'adiyah di bawah kepemimpinan AG. KH. Yunus Martan jauh lebih visioner daripada pesantren yang ada di pulau Jawa itu.

AG. KH.Muh Yunus Martan adalah seorang ulama kharismatik Sulsel, lahir dan tumbuh dari rahim pesantren salaf.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved