Breaking News:

Rubrik Opini Tribun Timur

Perspektif Change Management Penerapannya di Pemkot Makassar

Dari bagan Makassar Recover yang disosialisasikan nyaris tidak perangkat pemkot (baca: OPD) yang akan terluput dalam implementasinya.

Editor: AS Kambie
dok.tribun
AM Sallatu 

Perspektif Change Management Penerapannya di Pemkot Makassar
Oleh: AM Sallatu
Koordinator Jaringan Peneliti Kawasan Timur Indonesia

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Prof Marsuki DEA meviralkan simpulan delapan langkah change management karya John Kotter, Guru Besar Harvard Business School, di salah satu group WA, mungkin dengan pertimbangan untuk berbagi wawasan bahwa substansi ini menjadi sebuah kebutuhan dewasa ini, termasuk di jajaran pemerintahan.

Baik karena perubahan merupakan hal yang pasti selalu terjadi, maupun karena terjadi akibat perubahan kepemimpinan.

Karena itu, sebagai seperangkat tools pemikiran teoritik kiranya bisa digunakan untuk mencermati perspektif perubahan di Pemkot Makassar.

Dalam sekitar dua tahun terakhir intensitas perubahan cukup tinggi, sudah tiga pejabat walikota silih berganti sebelum akhirnya walikota dan wakil walikota difinitif dilantik untuk masa bakti lima tahun ke depan.

Artinya, baik jajaran pemkot maupun masyarakat luas menantikan akan terjadi perubahan lebih lanjut yang terstruktur dan tertata sehingga efektif dalam mencapai kinerja penyelenggaraan pemerintahan.

Sepintas tampak jelas bahwa mengelola perubahan sejatinya membutuhkan konseptualisasi arah dan substansi yang akan dituju dan kerangka implementasinya.

John Kotter menyimpulkan delapan langkah penting, yaitu:

1. Tawarkan perubahan yang dibutuhkan melalui dialog untuk membangun momentum. 2.  Bangun kerja sama berbagai dari pihak yang dapat mendukung perubahan

3. Tawarkan visi yang mempertegas tujuan dan hasil perubahan yang akan mampu dicapai

4. Komunikasikan secara efektif agar senantiasa mengemuka dalam pikiran, baik bagi implementor maupun bagi yang berkepentingan

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved