OPINI

OPINI - Islam dan Kehormatan

Penulis adalah Ketua Jurusan Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar

OPINI - Islam dan Kehormatan
handover
Ketua Jurusan Syariah STIBA Makassar Hendra Wijaya Lc MH 

Oleh: Hendra Wijaya Lc MH
Ketua Jurusan Syariah STIBA Makassar

Kata hormat dalam Kamus Besar Bahassa Indonesia (KBBI) berarti menghargai atau perbuatan yang menandakan rasa khidmat dan takzim.

Kata hormat merupakan salah satu kata serapan bahasa Arabd ari kataal-hurmah, dalam Mu’jam al-Washit kata al-hurmah berarti wibawa atau segala sesuatu yang tidak diperkenankan untuk dilecehkan seperti hak asasi manusia, persahabatan dan lain sebagainya.

Al-hurmah juga berarti wanita, karena wanita memiliki kedudukan yang terhormat.

Kata haram juga merupakan hasil pengembangan dari kata al-hurmah. Sebab kosa kata haram berasal dari akar kata yang sama yakni rangkaian huruf ha, ra dan mim, tidaklah sesuatu dikatakan haram melainkan telah melanggar kehormatan.

Korupsi misalnya, dikatakan haram karena melanggar kehormatan harta benda dan hak milik orang lain. Begitu juga pembunuhan diharamkan karena telah melanggar kehormatan darah dan jiwa orang lain.

Pemain PSM Makassar Sudah Nyaman, Darije Kalezic Tetap Pakai Skema Peninggalan Robert Alberts

Selain sebagai antonim halal, kata haram kadangkala juga berfungsi untuk menunjukkan kehormatan sesuatu, seperti masjid haram, bulan haram, tanah haram dan lainnya.

Dengan demikian kata hormat dan haram memiliki sesamaan makna yaitu keagungan, kemulian dan kesucian.

Bulan Haram
Saat ini kita berada di bulan Rajab (ke-7) dalam penanggalan hijriyah, salah satu dari empat bulan-bulan haram selain Zulkaidah (ke-11), Zulhijah (ke-12) dan Muharram (ke-1).

Dinamakan bulan haram karena bulan-bulan ini wajib dihormati secara khusus, bentuk penghormatan kepada bulan haram dengan cara menghindari segala macam perbuatan kezaliman di dalamnya.

Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved