opini

OPINI: Pilkada Langsung dan Partai Politik

Karena itu, kehadiran parpol lokal adalah sebuah keniscayaan sekaligus konsekuensi desentralisasi.

OPINI: Pilkada Langsung dan Partai Politik
handover
Asri Tadda 

Oleh: Asri Tadda
Mahasiswa Program Magister Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

Desentralisasi yang dicanangkan melalui UU 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah memberikan angin segar untuk percepatan pembangunan negara pada berbagai aspek.

Kabupaten dan kota diberikan otonomi yang luas untuk mengatur dan mengelola wilayahnya masing-masing, termasuk melakukan pemilihan kepala daerah secara langsung (pilkada langsung).

Dewasa ini pilkada langsung dianggap sebagai sebuah prestasi dalam pembangunan demokrasi di negara kita. Pilkada langsung menjadi tonggak bersejarah dimana rakyat bisa ‘memilih’ pemimpinnya sendiri secara langsung.

Pada Juni mendatang, pilkada langsung kembali akan digelar serentak di 171 daerah (17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota) di Indonesia yang melibatkan sekitar sekitar 160 juta pemilih.

Angka tersebut adalah 85 persen dari prediksi jumlah pemilih dalam pemilu 2019 mendatang. Di balik gegap gempitanya pilkada langsung, ternyata tersimpan banyak catatan, khususnya ketika kita mau secara jujur melihat output yang dihasilkan dari proses ini.

BACA JUGA: OPINI: Money Politic, Regulasi Setengah Hati

BACA JUGA: OPINI: Coklit dan Kultur Pemilih Kita

Selain kerap memicu konflik horizontal antar warga, pilkada langsung juga sarat dengan praktik money politics yang justru menciderai nilai demokrasi itu sendiri. Belum lagi ketika kita menyoal kualitas pemimpin daerah yang lahir dari proses ‘berbiaya tinggi’ tersebut.

Tidak sedikit daerah yang mengalami banyak kendala dalam proses pembangunan justru pada era pilkada langsung dewasa ini. Budaya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) ternyata juga ikut terdesentralisasi, bukan tereduksi sebagaimana diharapkan.

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved