Home »

Opini

opini

OPINI: Money Politic, Regulasi Setengah Hati

Mari sisakan waktu sejenak untuk kembali mengintip sembari menengok regulasi kepemiluan kita (UU Pemilu).

OPINI: Money Politic, Regulasi Setengah Hati
handover
Dr Amir Ilyas SH MH 

Oleh: Amir Ilyas
Direktur Electoral Mananagement & Constitution Sulsel - Dosen Hukum Pidana Unhas

HAMPIR setiap ilmuan hukum mendiagnosa efektivitas penegakan hukum dengan bersandarkan dari salah satu pendapat ahli hukum bermazhab empiris. Nama beliau cukup mentereng di jagad para pendekar hukum.

Beliau adalah Lawrence Meir Friedman, asli berkebangsaan Amerika. 

Melalui karya monumentalnya itu, American Law In Introduction yang terbit pada 1984 silam, baik peneliti, praktisi, apalagi pengamat hukum, kemudian diperkenalkan tiga faktor-faktor yang dapat menyebabkan mandegnya penegakan hukum.

Ketiga faktor-faktor tersebut, meliputi: substance of legal system, structure of legal system, dan legal culture. Parahnya, sistem penegakan hukum kepemiluan kita menjadi jauh dari prinsip keadilan karena disebabkan oleh ketiga faktor-faktor tersebut.

Terpapar di hadapan mata kita semua, landasan hukumnya yang masih timpang di sana-sini, para penegak hukum dan para penyelenggara pemilu yang masih menjadi tanda tanya besar integritas dan kapabilitasnya, serta tingkat kesadaran dan ketaatan kita semua (baik peserta, pemilih, maupun penyelenggara) pada prinsip electoral justice masih sebatas angan-angan.

BACA JUGA: Mulai 1 Maret Bisa Top Up di Tol Makassar, Segini Biayanya

BACA JUGA: Sebelum Wali Kota Kendari Ditangkap KPK, Istri dr Siska Karina Berseteru Lawan Istri Ali Mazi

Mari sisakan waktu sejenak untuk kembali mengintip sembari menengok regulasi kepemiluan kita (UU Pemilu). Sebuah regulasi premature sejak kelahirannya.

Pernah ‘dieksekusi mati’ di tangan Presiden atas nama kepala pemerintahan. Kemudian dilahirkan kembali dengan ‘motif’ kegentingan yang dipaksa-paksa.

Halaman
1234
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help