Perpanjangan Kontrak Karya Ditolak Gubernur Sulsel, Begini Jawaban PT Vale Indonesia

PT Vale tidak memberikan tanggapan spesifik perihal penolakan Gubernur Sulsel terkait perpanjangan kontrak.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/IVAN ISMAR
Plant Site atau pabrik pengolahan nikel PT Vale Indonesia di Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulsel. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman secara tegas menolak perpanjangan kontrak PT Vale Indonesia Tbk. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman secara tegas menolak perpanjangan kontrak PT Vale Indonesia Tbk.

"Satu kata untuk kami bahwa, tidak ada perpanjangan untuk mereka (PT Vale Indonesia), tidak ada perpanjangan untuk mereka," kata Andi Sudirman Sulaiman pada rapat dengar pendapat (RDP) panja Vale dengan sekjen dan PLH dirjen Minerba dan Kementerian ESDM di Gedung DPR RI, Kamis (8/9/2022).

Andi Sudirman Sulaiman juga mengatakan kontribusi PT Vale masih sangat minim untuk Provinsi Sulawesi Selatan jika berada di kisaran 1.98 persen (2021) untuk masa kontrak karya puluhan tahun sebagai pemegang kuasa pertambangan.

Di mana terdapat puluhan ribu hektare areal dalam konsesi yang dikuasai menjadi idle pemanfaatannya karena dilakukan bertahap.

Tumpuan harapan hanya pada satu investor yang memiliki keterbatasan kemampuan optimalisasi pengelolaan sumber daya alam.

Adapun kebijakan Pemprov Sulsel, atas desakan seluruh stakeholder bersama masyarakat sekitar untuk menjadikan keharusan kuasa pertambangan di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dipegang oleh BUMD Sulsel dengan pertimbangan.

Isu lingkungan menjadi beban tersendiri bagi pemerintah daerah yang tidak dapat mengontrol secara langsung sistem pengelolaan kekayaan alam oleh kuasa pertambangan.

Monopoli konsesi oleh pihak ketiga menjadikan perlambatan pemanfaatan potensi sumber daya alam yang berimplikasi pada perlambatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan penanganan kemiskinan ekstrem.

BUMD Sulsel menunggu penyampaian surat penawaran WIUPK secara prioritas oleh Direktur Jenderal atas nama Menteri ESDM RI melalui Gubernur Sulawesi Selatan.

Saat dikonfirmasi Tribun-Timur.com, PT Vale Indonesia melalui Head of Communications PT Vale Indonesia Tbk Bayu Aji memberikan tanggapannya, Jumat (9/9/2022) petang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved