Opini Muh Ilham Akbar

Minus Integritas KPK

Belum selesai persoalan Lili Pantauli yang mundur dari kursis pimpinan KPK dengan diiringi pelanggaran etik.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur - opini Minus Integritas KPK 

Oleh:Muh Ilham Akbar

(Pengamat Hukum Tata Negara)

TRIBUN-TIMUR.COM - Senin (8/8/2022) media cetak Koran Kompas memaparkan dalam kolom “Meneguhkan integritas KPK” tentang hasil jajak pendapat perihal integritas KPK. Meskipun pada sesi pertanyaan keyakinan KPK dapat baik di akhir pasa kepemimpinan firli bahuri mencapai angka 59 persen diyakini dapat terwujud.

Namun di sesi pertanyaan “dengan kasus yang menimpa komisioner KPK Lili Pantauli Siregar apakah anda masih mempercayai KPK saat ini dipimpin oleh orang yang bersih dari korupsi?”.

Mayoritas responden sebanyak 62, 6 persen menyatakan tidak percaya. Persoalan krisis kepemimpinan di KPK sungguh tidak dapat dipungkiri memang benar terjadi.

Belum selesai persoalan Lili Pantauli yang mundur dari kursis pimpinan KPK dengan diiringi pelanggaran etik.

Kini muncul persoalan selanjutnya tentang trend “tersangka korupsi hilang”, menjadi fakta publik yang tidak dapat dipungkiri komisi anti rasuah tersebut. benar-benar babak belur krisis integritas. sehingga muncul rasa pesimis terhadap lembaga pemberantasan korupsi ini. Bahwa dengan segala rasa pesimis untuk tetap berharap atas masa depan KPK rasa-rasanya sangat pudar. Masih wajarkah kita untuk berharap terhadap KPK? ataukah kita perlu membentuk lembaga selanjutnya?.

Akar Persoalan

Sejak penulis dibangku kuliah di Pascasarjana (S2) Universitas Islam Indonesia telah mendalami persoalan KPK.

Hal tersebut diperkuat dari tesis penulis dalam tugas akhir di S2 adalah tentang

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved