Breaking News:

Tribuners Memilih

Sidang Perdana di Mahkamah Konstitusi, KPU Luwu Timur Hanya Dengarkan Dalil Tim IBAS-RIO

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Luwu Timur 2020

ist
Mahkamah Konstitusi (MK) telah menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Luwu Timur 2020, Kamis (28/1/2021) 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Mahkamah Konstitusi (MK) telah menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Luwu Timur 2020, Kamis (28/1/2021).

Sidang ini menghadirkan dari pihak pemohon yaitu paslon nomor urut 2, Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri (IBAS-RIO).

Sebagai pihak termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur dan pihak terkait Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur serta paslon nomor urut 1, Thorig Husler-Budiman.

Komisioner Divisi Hukum KPU Luwu Timur, Adam Safar mengatakan pada sidang pagi tadi, KPU Luwu Timur hanya mendengarkan dalil pemohon.

"Pemohon mendalilkan pelaksanaan pilkada Luwu Timur itu ada indikasi terjadi kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masiv (TSM) itu poin utamanya," kata Adam kepada TribunLutim.com.

"Disamping itu, pemohon juga mendalilkan adanya keterlibatan ASN dalam politik praktis, aparat desa, semua mereka dalilkan, ini salah satu poinnya," imbuh Adam.

KPU dengan dalil pemohon kata Adam telah menyusun jawaban dengan tim hukum KPU Luwu Timur.

Rencananya sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan persidangan digelar pada 4 Februari 2021 mendatang.

Dalam sidang nantinya, KPU selaku termohon akan menjawab terkait apa yang didalilkan pemohon saat persidangan tadi. Termasuk keterangan Bawaslu dan pihak terkait.

"Jadi KPU tadi hanya sebatas datang mendengarkan dalil permohonan itu," katanya.

Dalam sidang ini, KPU Luwu didampingi kuasa hukum dari kantor hukum HICON dan jaksa pengacara negara dari Kejari Luwu Timur.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan tingkat kabupaten yang berlangsung dari 16-17 Desember 2020 di kantor KPU Luwu Timur.

Paslon nomor urut 1, Thorig Husler-Budiman meraih 86.351 suara. Sementara paslon nomor urut 2, IBAS-RIO meraih 77.228 suara.

Dengan demikian, Husler-Budiman menang atas IBAS-RIO secara perolehan suara. Hasil ini tidak diterima IBAS-RIO sampai akhirnya bermohon ke MK terkait perselisihan hasil pemilihan.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved