Breaking News:

Virus Corona

Sejak Dibuka 2 April 2020, Pemakaman Covid-19 Macanda Telah Diisi 308 Jenazah

Ratusan jenazah tersebut dimakamkan dengan protokol covid berdasarkan standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Dokumen Satpol PP Sulsel
Jenazah pasien Covid-19 bersiap dimakamkan di Taman Pemakaman Macanda, Kabupaten Gowa 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Pemakaman milik Pemprov Sulsel di Macanda, Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, makin padat. Hingga 27 Juni 2020, jumlah jenazah yang dimakamkan di kawasan pemakaman khusus pasien Covid-19 ini telah mencapai 308 jenazah.

Kawasan pemakaman ini ditunjuk oleh Gubernur Sulsel Prof Dr Nurdin Abdullah sebagai pemakaman khusus korban Covid sejak virus ini mewabah di Sulsel.

Ratusan jenazah tersebut dimakamkan dengan protokol covid berdasarkan standar yang telah ditetapkan pemerintah.

Penetapan dan pembukaan pemakaman Macanda khusus Covid dimulai per 2 April 2020. Itu berarti sudah hampir tiga bulan, pemakaman tersebut telah mencapai 308 jenazah.

Kepala Bidang Ops Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Sulsel Sultan Rakib membenarkan hal tersebut saat dihubungi wartawan.

“Pemakaman Macanda ini sudah menampung sekitar 300-an jenazah ya. Semoga saja tambah hari tambah berkurang,” ujar Sultan Rakib, Sabtu, 27 Juni 2020.

Sekadar diketahui, pekuburan Macanda adalah milik Pemprov Sulsel yang rencananya diperuntukkan bagi ASN Pemprov Sulsel yang meninggal dunia.

Tapi karena ada pandemi Corona, maka pemakaman plat merah tersebut diperuntukkan bagi jenazah PDP dan Covid.

Masih teringat saat 2 April silam, saat pertama dibuka, masyarakat di sekitar pemakaman tersebut melakukan penolakan.

Tapi dengan edukasi yang optimal dan pengamanan yang maksimal Satpol PP, dan TNI serta Polri, proses pemakaman tersebut selama ini berjalan aman.

“Teman-teman dari TNI, dari Polri bersama Satpol PP berjaga terus di sekitar Macanda 24 jam pakai tenda-tenda,” ujar Sultan.(*/tribun-timur.com)

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved