OPINI

Kerawanan Sosial Sebagai Dampak Covid-19

Sumbangan pihak ketiga, pencatatan penerimaan, penyaluran bantuan, dan penyelewengan bantuan juga menjadi bagian-bagian yang rawan disalahgunakan.

Dokumen Sakka Pati
Dr. Sakka Pati, S.H., M.H.(Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin) 

Oleh: Dr. Sakka Pati, S.H., M.H.
Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin

Sungguh luar biasa dampak pandemi Covid-19.

Dampaknya sangat luas bagi kehidupan masyarakat dan memengaruhi hampir semua aspek kehidupan.

Tidak hanya menyerang kesehatan masyarakat, melainkan juga menyerang segala aspek termasuk keamanan, keselamatan, politik, hukum, ekonomi, dan sosial.

Hal yang paling terdampak sebenarnya terkait kehidupan sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Secara sosial, hubungan antar masyarakat menjadi terbatas, protocol standar WHO dengan social distancing yang diterapkan bertujuan untuk memutus penyebaran covid 19.

Tentunya ini sesuatu yang sangat berubah dalam kehidupan sosial bangsa Indonesia yang terbiasa menjalin silaturahim dengan interaksi langsung.

Cara Terbaik Menang Melawan Covid-19

Apalagi pada bulan suci Ramadhan dan moment Idulfitri yang biasanya menjadi ajang berkumpul dan momentum menjalin silaturahmi yang selama setahun sempat terpisah oleh jarak.

Upaya yang dilakukan pemerintah dengan kebijakan yang bisa meringankan beban masyarakat, tidak jarang dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menguntungkan diri sendiri maupun kelompoknya.

Pada masa-masa sulit seperti sekarang ini, dampak Covid-19 secara ekonomi benar-benar terasa sulit bagi golongan masyarakat menengah ke bawah karena berdampak pada penghasilan untuk menyambung hidup.

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved