Tribun Luwu Timur

Bupati Luwu Timur Keluarkan Hak Diskresi Selesaikan Kisruh Vale dan Warga Dongi

Bumi Perkemahan Sorowako kini ditetapkan sebagai kawasan pemukiman terbatas sementara oleh Bupati Luwu Timur, Thorig Husler

TRIBUN TIMUR/IVAN ISMAR
Suasana sebelum penyerahan SK tentang penetapan lokasi Bumi Perkemahan Sorowako sebagai lokasi pemukiman sementara terbatas lewat hak diskresi Bupati Luwu Timur, Thorig Husler di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Senin (642020). Hadir pihak PT Vale, kuasa masyarakat bumper dan pihak terkait. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Warga Dongi yang bermukim di wilayah Bumi Perkemahan (Bumper) Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) bisa bernafas lega.

Bumi Perkemahan Sorowako kini ditetapkan sebagai kawasan pemukiman terbatas sementara oleh Bupati Luwu Timur, Thorig Husler. Sebagai bupati, Husler mengeluarkan hak diskresinya.

Itu tertuang dalam surat keputusan (SK) Bupati Luwu Timur nomor 138/A-01/IV/tahun 2020. Dalam SK memuat tentang penetapan lokasi Bumi Perkemahan Sorowako sebagai lokasi pemukiman sementara terbatas.

Sambil menunggu penetapan defenitif berdasarkan Rencana Tata Ruang Daerah Kabupaten Luwu Timur, dan Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan Nuha.

SK tersebut diserahkan Husler kepada beberapa pihak terkait yaitu perwakilan masyarakat Dongi, Andi Baso, pihak PT Vale Indonesia, Yusri. Pimpinan PLN Ranting Malili, Syamsuddin, Camat Nuha, Aswan Aziz dan Lurah Magani, Ishak.

Penyerahan SK disaksikan Anggota DPRD Luwu Timur, Najamuddin dan Asisten Pemerintahan, Luwu Timur, Dohri As'ari di Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Senin (6/4/2020).

Persoalan warga Dongi yang bermukim di wilayah Bumi Perkemahan Sorowako sudah lama bergulir dan belum menemui titik temu.

Persoalan ini sudah ditangani Pemkab Luwu Timur bahkan sampai Komnas HAM namun tetap mengalami kebuntuan. Sebab belum adanya kesepakatan dengan PT Vale Indonesia.

Sebelumnya, pada 9 Maret 2020 bertempat di Rumah jabatan Bupati Luwu Timur Pemkab Luwu Timur, PT Vale Indonesia dan kuasa masyarakat Bumper bertemu.

Dalam pertemuan disepakati pada prinsipnya PT Vale tidak keberatan dan mendukung serta mentaati apabila Pemkab Luwu Timur mengambil kebijakan dalam penyelesaian permasalahan.

Halaman
123
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved