Imlek Bersatu, Indonesia Maju

Keindahan Tahun Baru Imlek bukan pada semaraknya barongsai, gemerincingnya angpau, atau pesona gaun dan busana yang serba mewah

Imlek Bersatu, Indonesia Maju
DOK
Hasdy SSi MSi., Sekretaris Yayasan Sosial Sapta Mulia dan Yayasan Marga Thoeng, Makassar

Oleh : Hasdy SSi MSi.
Sekretaris Yayasan Sosial Sapta Mulia dan Yayasan Marga Thoeng, Makassar.

Tahun Baru Imlek 2571 kali ini terasa sangat istimewa karena bertepatan dengan awal tahun Masehi pada bulan Januari. Tepatnya 25 Januari 2020. Terlebih lagi harapan keberuntungan seolah sudah di depan mata mengingat Tikus Emas menaungi sepanjang tahun ini. Tak heran jika hampir semua kalangan, tak hanya masyarakat Tionghoa, antusias menyambut Imlek kali ini.

Masih banyak yang keliru memahami bahwa saat pergantian tahun Masehi yaitu 1 Januari adalah juga pergantian tahun shio Imlek.

Padahal tidak demikian. Pergantian tahun shio Imlek baru dimulai saat pergantian tahun pada penanggalan Imlek yaitu pada Tahun Baru Imlek. Tahun Babi Tanah (2019) telah berakhir.

Tahun Tikus Emas pun di depan mata. Umum diketahui penyebutan tahun menurut shio (shio babi dan shio tikus) dan elemen (elemen tanah dan elemen logam/emas) ini memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Tionghoa yang meyakininya.

Tikus Emas

Berdasarkan prinsip Yin-Yang (negatif-positif) 5 elemen, tikus adalah shio berelemen air Yin, yang juga terhubung dengan air atau hujan. Tahun Logam 2571 adalah elemen air. Logam dapat melindungi dan memberdayakan energi air.

Oleh karena itu, tahun 2020 adalah tahun air yang kuat. Logam juga terhubung ke angin yang kuat. Tikus Emas 2020/2571 menyiratkan hujan deras atau badai. Tahun ini baik untuk lahan yang kering, waduk air kering atau bendungan kering.

Jika Air adalah elemen keberuntungan anda, maka tahun 2571 akan menjadi tahun yang indah bagi anda. Jika air adalah elemen tidak selaras Anda, maka tahun Tikus Logam akan membawa beberapa masalah. Tentunya para pakar Feng Shui maupun ahli astrologi Tionghoa memiliki prediksi tersendiri tiap tahunnya.

Namun yang pasti, kesuksesan dan kegagalan kita lebih banyak ditentukan oleh usaha kita sendiri, termasuk selalu bersikap realistis dan positif.

Halaman
12
Editor: syakin
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved