ASN Dilarang Serahkan e-KTP Dukungan ke Cakada Perseorangan, Ini Kata Anggota Bawaslu Sulsel

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulsel, Saiful Jihad

ASN Dilarang Serahkan e-KTP Dukungan ke Cakada Perseorangan, Ini Kata Anggota Bawaslu Sulsel
abdul azis/tribun-timur.com
Komisioner Bawaslu Sulsel, Syaiful Jihad 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Aparatur Sipil Negara (ASN) dilarang memberi Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) kepada bakal calon kepala daerah (cakada) pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulsel, Saiful Jihad menyatakan, larangan tersebut sangat jelas diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004.

Preview PSM Vs Kalteng Putra, Misi Berlipat Sang Mantan, Pembuktian Ferdinand

"Kalau untuk ASN, jelas larangannya dalam UU Nomor 5/2014 dan PP Nomor 42/2004," tegas Saiful kepada Tribun, Selasa (5/11).

Bagaimana dengan TNI, Polri, penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)?

VIDEO: Kukuhkan Prof Makmur Saini, Politeknik Negeri Ujung Pandang Kini Punya Dua Guru Besar

Menurut Saiful, Bawaslu, Pengawas Kecamatan (Panwascam), Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL), dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), serta pegawai kesekretariatan KPU dan Bawaslu.

"Jadi Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu yang mengatur tentang semua itu. Kita masih tunggu itu (belum turun) karena juga menunggu hasil revisi UU No 10/2016 yang mengatur tentang Pilkada," ujar Saiful.

TERNYATA Pakaian Dinas PNS/ASN Warisan Pakaian Belanda untuk Berburu, DPR RI Minta Diganti

"Tapi mestinya semua harus netral. Karena itu, dalam perekrutan Panwascam dan PPL harus diperketat. Tidak boleh ada pengurus maupun anggota partai politik direkrut jadi penyelengga pemilu," katanya.

GRATIS! Pengalaman Urus Sendiri Akte Kelahiran Hilang di Catatan Sipil, Ini Syarat dan Cara

Bawaslu Sulsel Ingatkan ASN Tak Berikan KTP Dukungan untuk Calon Perseorangan, Ini Sanksinya

Bawaslu Sulsel Ingatkan ASN Tak Berikan KTP Dukungan untuk Calon Perseorangan, Ini Sanksinya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

Tidak hanya dilarang untuk ikut mengkampanyekan calon kepala daerah, ASN juga diminta tidak memberikan KTP sebagai syarat dukungan maju mencalonkan diri.

Halaman
1234
Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved