OPINI

OPINI - Kearifan Napo Sulbar dan Magnet Sufistiknya

Desa Napo adalah tempat yang pas untuk mengenal lebih jauh budaya Mandar, menyelami kehidupan warga Napo yang masih setia merawat tradisi.

OPINI - Kearifan Napo Sulbar dan Magnet Sufistiknya
tribun timur
Kader Gerakan Pemuda Ansor Polman

Oleh:
Muhammad Arif
Kader Gerakan Pemuda Ansor Polman

Tak tahu persisnya, tapi sudah kesekian kali saya berkunjung ke sini: Dusun Napo, Desa Napo Kecamatan Limboro, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Perkampungan adem, jejeran rumah panggung dan kehidupan warganya yang bijak bestari.Napo berada di kaki bukit, dialiri lembang (anak sungai).

Ditumbuhi pohon bambu yang rimbun di hampir setiap sudut kampung. Saya yang tinggal di Desa Mombi, Kecamatan Alu, sejak kecil tak asing dengan kampung bersejarah ini.

Selain leluhur orangtua saya (dari bapak) berasal dari Samasundu (desa yang berbatasan dengan Napo), kearifan warga Napo telah turun temurun saya ketahui dari cerita para tetua kampung dimana saya dilahirkan.

Pada April lalu, saya menjumpai kearifan warga Napo yang lembut nian itu. Saat bertamu di salah satu rumah warga, pemilik rumah sudah menyapa saya dengan sangat bersahaja " lappo' tau mai puang" yang berarti ajakan untuk naik ke rumah.

Sapaan ‘puang’ ke saya terasa ganjil. Sebab orang mengucapkannya itu hampir seumuran denganku.

Di atas rumah, kami berbincang santai. Saya meminta dengan halus, agar menyapa dengan biasa saja, tanpa kata ‘puang’. Sebab umur saya dengan dia yang tidak terlampau jauh.

Tapi, kata saudara iparnya, yang kebetulan sekampung dengan saya, bahwa sapaan itu sudah menjadi tradisi penghormatan kepada orang yang lebih tua di Napo, meski selisih umur beda sedikit.

Baca: Berstatus Tersangka Pungli, Camat Simbang Tetap Ngantor

Selain cerita tentang kearifan warga Napo, cerita yang paling sering saya dengar adalah kisah guru spritual yang zuhud dari Napo yaitu Almagfurlah Annanggurutta' KH Muhammad Yahya atau populer di masyarakat Mandar dengan sebutan: Annangguru Pocci'.

Halaman
1234
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved