OPINI

OPINI - Peringatan Jelang Pemilu

Penulis adalah Staf di LAPAR Sulawesi Selatan dan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Padjadjaran

OPINI - Peringatan Jelang Pemilu
tribun timur
Staf di LAPAR Sulawesi Selatan dan Studi Politik Keamanan di Universitas Padjadjaran

Oleh:
Fathullah Syahrul
(Staf di LAPAR Sulawesi Selatan dan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Padjadjaran)

“Demokrasi itu merupakan bentuk pemerintahan yang paling buruk, tetapi masalahnya, bentuk lainnya tidak lebih baik daripada demokrasi” (Winston Churcill: 1947).

Pernyataan Winston mengingatkan kita bahwa seluruh bentuk pemerintahan yang diterapkan oleh negara-negara di dunia hampir tak ada yang paripurna.

Hal ini dapat dilihat dari seluruh negara yang menerapkan bentuk ini, tak pernah surut akan konflik yang berkepanjangan, mulai dari konflik agama, sosial, politik, budaya, ekonomi dan lain-lain.

Artinya, tugas berat dari bentuk pemerintahan ini adalah menjawab seluruh tantangan yang hari ini dihadapi oleh masyarakat.

Penggalan kalimat yang ditulis Winston ini menjadi perdebatan dalam menatap masa depan demokrasi khususnya di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Perbincangan demokrasi sebenarnya memang harus diakui menjadi satu dimensi kekuatan dalam sistem tata kelola pemerintahan, di mana demokrasi diterapkan.

Baca: Marawis Meriahkan Isra Miraj Hotel Claro Makassar

Indonesia salah satu negara yang mengadopsi bentuk pemerintahan ini. Bahkan Pemilihan Umum (Pemilu) didaulat sebagai pesta demokrasi.

Artinya, bentuk pemerintahan ini sudah mendarah daging di tubuh rakyat Indonesia. Namun, sering kali demokrasi tak bisa terjemahkan secara utuh.

(Larry Diamond and Leonardo Morlino: 2004) membagi demokrasi ke dalam tiga dimensi.

Halaman
1234
Editor: Aldy
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved