opini

Menjadi Terbaik atau Lebih Baik?

Sebelum berkompetisi dengan orang lain setiap orang berkompetisi dengan dirinya sendiri. Ditulis Syamril, Direktur Sekolah Islam Athirah.

Menjadi Terbaik atau Lebih Baik?
TRIBUN TIMUR/SAKINAH SUDIN
CHC Strategic & Development Div Head Kalla Group, Syamril 

Syamril
Direktur Sekolah Islam Athirah

MANA yang Anda pilih, menjadi yang terbaik atau menjadi lebih baik? Biasanya orang yang semangat kompetisi dan berprestasinya tinggi akan memilih menjadi yang terbaik.

Ada prestasi dan prestise. Mengalahkan orang lain. Apalagi di era persaingan seperti sekarang ini di mana manusia saling berlomba menjadi juara.

Sebelum berkompetisi dengan orang lain setiap orang berkompetisi dengan dirinya sendiri. Tentu bukan menjadi yang terbaik tapi menjadi lebih baik.

Seiring dengan perjalanan waktu kualitas dirinya semakin baik. Kemenangan diraih jika ada kemajuan antara kualitas dirinya pada masa sekarang lebih baik dibandingkan kemarin.

Pepatah bijak mengatakan "siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin maka itulah orang yang beruntung".

Baca: Siswa Kurang Mampu di Enrekang Bisa Sekolah di Athirah Bone, Ini Syaratnya

Ada lima aspek yang perlu dicermati dalam diri kita masing-masing yaitu Spiritual, Emosional, Teknikal, Intelektual dan Aspirasional yang disingkat dalam kata SETIA.

Spiritual terkait kualitas hubungan dengan Sang Pencipta. Bagi umat Islam yaitu kuantitas dan kualitas ibadah khusus seperti shalat, bacaan Al Qur'an, puasa dan lain sebagainya.

Emosional yaitu kualitas hubungan dengan sesama manusia seperti keramahan, kesabaran, kebijaksanaan, kerendahhatian dan toleransi.

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved