Kerap Demo, Wabup Luwu Timur Sarankan Ini ke Karyawan Vale

Pemerintah daerah mengharapkan agar semua serikat buruh di Luwu Timur bisa menjembatani seluruh keinginan dan harapan buruh.

Kerap Demo, Wabup Luwu Timur Sarankan Ini ke Karyawan Vale
ivan ismar/tribunlutim.com
Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam di Musyawarah Unit Kerja (Musnik) Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (FSPKEP) Unit Kerja Vale Indonesia periode 2018-2021 di Gedung Ontaeluwu Sorowako Kecamatan Nuha, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (13/2/2018). 

Laporan Wartawan TribunLutim.com, Ivan Ismar

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam menyarankan serikat buruh mengutamakan cara dialog dibanding demo dalam menyampaikan aspirasi.

Hal itu dikatakan Irwan saat menghadiri Musyawarah Unit Kerja (Musnik) Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (FSPKEP) Unit Kerja Vale Indonesia periode 2018-2021 di Gedung Ontaeluwu Sorowako Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (13/2/2018).

Menurut Irwan, demo sebaiknya menjadi pilihan terakhir jika dialog tidak menemui kesepakatan. Suami Ani Nurbani itu percaya segala persoalan menyangkut buruh bisa terselesaikan tanpa harus melalui unjuk rasa.

Sebab, kata dia, banyak kerugian yang bisa ditimbulkan saat demo berlangsung. "Mulai dari mengganggu aktivitas masyarakat lain, fasilitas publik juga terganggu dan bahkan jika berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kerusuhan yang tidak diinginkan bersama," tuturnya.

Baca: DPRD Luwu Timur Terima Laporan Eksploitasi Tambang Pt Vale Cemari Lingkungan

Baca: Hadirkan PLN dan PT Vale, Komisi 3 DPRD Luwu Timur Tuntut Pemadaman Listrik Dituntaskan

Selain itu, pemerintah daerah mengharapkan agar semua serikat buruh di Luwu Timur bisa menjembatani seluruh keinginan dan harapan buruh.

"Makanya koordinasi dan sinergi ini penting kita lakukan, dan pemerintah siap memfasilitasi Serikat Buruh untuk mengkomunikasikan atau negosiasikan segala aspirasi pekerja," jelasnya.

Irwan menambahkan, PT Vale Indonesia di Luwu Timur sudah memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

Baca: Didemo Petani Towuti, Begini Tanggapan PT Vale Indonesia

"Olehnya itu, keberadaan PT Vale Indonesia harus dijaga sebagai aset penunjang ekonomi di wilayah Luwu Timur," ungkapnya.

Hadir dalam Musnik Sekretaris Jendral DPP FSPKEP Siruaya Utamawan, Management PT Vale Indonesia Bernardus Irmanto, Camat Nuha Masdin, Lurah Magani Ishak Nyonri, dan Ketua FSPKEP PT Vale Indonesia Hasbi Bidol.(*)

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help