BPS: Tahun 2022 Angka Warga Miskin Turun di Luwu Utara 

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga menunjukkan peningkatan yang positif. Ini sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Luwu Utara.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Saldy Irawan
Tribun Timur Ivan Ismar
Bupati Luwu Utars, Indah Putri Indriani saat meninjau progres pengerjaan ruas jalan beton di Kecamatan Malangke ini, Sabtu (10/12/2022). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Penduduk miskin di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami penurunan.

Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga menunjukkan peningkatan yang positif. Ini sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) Luwu Utara.

Kepala BPS Luwu Utara, Ayub Parlin Ampulembang mengatakan persentase penduduk miskin pada Maret 2022 sebesar 13,22 persen

Angka itu menunjukkan penurunan 0,37 persen dibanding persentase pada Maret 2021 yang lalu sebesar 13,59 persen.

"Angkanya terus menunjukkan penurunan," kata Ayub Parlin, Sabtu (17/12/2022).

Faktor-faktor yang mempengaruhi menurunya angka kemiskinan di Luwu Utara diantaranya pertumbuhan ekonomi Luwu Utara hingga akhir tahun 2021, tercatat sebesar 3,9 persen.

"Dan ini tumbuh di semua sektor, termasuk di sektor pertanian yang banyak digeluti masyarakat," imbuh dia.

Faktor lainnya adalah aktifitas tempat perbelanjaan mulai pulih pasca pandemi Covid-19. Sehingga kata dia meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, sektor konstruksi meningkat yang ditandai adanya pembangunan dibeberapa titik pasca bencana.

Serta perbaikan jalan yang membuka lapangan kerja baru.

Dimulainya pembelajaran tatap muka dan WFO, yang juga menggerakkan ekonomi masyarakat sektor lain, seperti UMKM, angkutan, dan lain-lain juga menjadi salah satu faktornya.

Sektor transportasi mulai tumbuh pasca pandemi, menyebabkan pergerakan arus barang dan perputaran ekonomi masyarakat semakin tinggi.

"Kemudian penyaluran BPNT dan bantuan kepada korban banjir bandang, mendorong peningkatan perekonomian dan daya beli masyarakat ekonomi lemah," jelas Ayub Parlin.

Untuk IPM Luwu Utara masuk dalam kategori tinggi, dari data BPS Luwu Utara menunjukkan untuk tahun 2022 ini IPM Luwu Utara mencapai 70,51 persen.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved