Stadion Mattoanging

Tahun Depan, Stadion Mattoanging Dipastikan tidak Dibangun, Dananya Rp 66,2 M Dialihkan ke Daerah

Karena tak kunjung dibangun, akhirnya anggaran tersebut akan dialihkan untuk membayar dana bagi hasil (DBH) ke kabupaten/kota di Sulsel.

Penulis: Wahyudin Tamrin | Editor: Muh. Irham
TRIBUN-TIMUR.COM/SANOVRA JR
Kondisi Stadion Mattoanging Makassar terekam menggunakan kamera drone Tribun Timur di Jl Cendrawasih, Makassar, Rabu (13/4/2022). 

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Stadion Mattoanging Makassar batal dibangun tahun ini. Padahal sudah dianggarkan sebesar Rp 66,2 miliar.

Namun selama tahun 2022, stadion tersebut sudah dua kali gagal tender.

Karena tak kunjung dibangun, akhirnya anggaran tersebut akan dialihkan untuk membayar dana bagi hasil (DBH) ke kabupaten/kota di Sulsel.

Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelingbangda) Sulsel Andi Darmawan Bintang saat ditemui di gedung DPRD Sulsel, Selasa (8/11/2022).

Menurutnya pemanfaatan anggaran tahun ini tidak bisa meluncur ke tahun depan.

Anggaran tahun ini, kata dia, cukup dimanfaatkan untuk tahun ini saja. 

"Kita tidak bisa jalankan (membangun stadion) maka (anggarannya) akan dialihkan. Karena memang dia tidak bisa terpakai. Jadi dialihkan untuk membiayai pembiayaan kekurangan pembayaran DBH," kata Darmawan.

"Karena tidak teralokasi anggaran itu untuk membangun pada akhir tahun anggaran, maka sekitar akhir Desember kita alihkan. Jadi evaluasi itu akan kita lakukan akhir Desember," tambahnya.

Darmawan menjelaskan penganggaran yang ada di dalam APBD, baik dari pokok maupun perubahan harus dimanfaatkan sebelum tahun berganti.

Karena sudah mendekati akhir tahun, anggaran tentu anggaran itu harus dimanfaatkan.

Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Sulsel tidak memiliki niat untuk membatalkan pembangunan stadion.

"Jangan sampai ada polemik mengatakan bahwa kita tidak punya niat. Kita tetap mengatakan bahwa pembangunan stadion itu menjadi prioritas yang harus kita lakukan. Kalau tahun ini tidak ada kan tahun depan bisa dianggarkan lagi," katanya.

Darmawan mengatakan Pemprov Sulsel kembali akan menganggarkan untuk pembangunan Stadion Mattoanging tahun depan.

Menurutnya, ada dua bentuk penganggaran tahun depan yang bisa dimasukkan.

Yaitu melalui perubahan parsial APBD atau dengan melakukan penambahan pada perubahan untuk 2023.

"Perencanaan untuk tahun depan, itu yang teralokasi sekitar Rp 62 miliar. Kalau dianggap kurang yang 62 miliar itu, bisa ditambahkan di parsial. Kita mengubah dengan berkonsultasi dengan DPRD atau melalui sistem anggaran perubahan," ujarnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved