Selamat! Nipah Park Raih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi Kementerian ESDM

Itu sebagai juara 3 pada kategori Gedung Hemat Energi, Sub Kategori Gedung Tropis (Tropical Building).

Penulis: Rudi Salam | Editor: Saldy Irawan
DOK PRIBADI
Nipah Park meraih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE).,Chief Executive Officer Kalla Property, Ricky Theodores menerima penghargaan tersebut di Jakarta, Rabu (5/10/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Nipah Park, salah satu unit bisnis yang dikelola Kalla Property (PT Kalla Inti Karsa) meraih Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE). 

Itu sebagai juara 3 pada kategori Gedung Hemat Energi, Sub Kategori Gedung Tropis (Tropical Building).

Penghargaan diberikan langsung Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Energi, & Sumber Daya Mineral, Prahoro Yulijanto Nurtjahyo kepada Chief Executive Officer Kalla Property, Ricky Theodores di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi sendiri merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para pemangku kepentingan yang telah berhasil menerapkan upaya-upaya efisiensi energi dan konservasi energi. 

Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2012 dengan nama Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN). Tahun ini diikuti oleh 195 peserta dan terpilih 40 pemenang dalam berbagai kategori.

Penyelenggaraan PSBE terbagi dalam tiga kategori, pertama Gedung Hemat Energi. Kategori ini menitikberatkan pada penilaian desain dan teknologi peralatan yang digunakan di gedung yang dapat mengurangi konsumsi energi.

Kedua, kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung. Kategori ini menitikberatkan pada penerapan langkah-langkah penghematan energi yang sistematis dan berkelanjutan atau manajemen energi bagi pengelola gedung dan industri. 

Kategori ketiga, Penghematan Energi di Instansi Pemerintah yang akan diikuti oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Chief Executive Officer Kalla Property, Ricky Theodores mengatakan, penghargaan ini menjadi bukti kepedulian Nipah Park dalam hal konservasi energi serta lingkungan hidup.

“Penghargaan PSBE 2022 ini sekaligus menjadi penambah motivasi bagi Nipah Park untuk terus melakukan berbagai inovasi dalam konservasi energi yang juga mendukung program pemerintah menuju zero emission,” kata Ricky, via rilis.

Ricky juga menambahkan, Nipah Park sebelumnya juga berhasil mendapatkan Sertifikasi Bangunan Hijau di Indonesia berdasarkan penilaian Greenship dari Green Building Council Indonesia dengan kategori Gold.

“Hal ini menjadikan Nipah Park sebagai gedung komersial pertama di Indonesia Timur dengan predikat Green Building,” kata Ricky.

PSBE 2022 merupakan salah satu upaya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendorong pencapaian target efisiensi energi nasional sebesar 17 persen pada tahun 2025 dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29 persen pada tahun 2030.

Ricky menuturkan, penghargaan PSBE ini merupakan salah satu momentum yang semakin menguatkan kampanye Walk Through the Park yang sedang digaungkan Nipah Park.

Dimana menguatkan Nipah Park yang tak hanya hadir sebagai pusat perbelanjaan pada umumnya, tetapi sebagai ruang publik yang lebih ramah dan sustainable (berkelanjutan).

Juga serta menjadi solusi bagi segala kebutuhan pengunjung dan masyarakat secara luas.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved