Opini

Adu Gagasan Kandidat Sulsel 2024, Mungkinkah?

Bagi para kandidat potensial yang memiliki niat untuk maju, baik di level Gubernur maupun di level Bupati pada Pilkada Sulsel 2024.

Adu Gagasan Kandidat Sulsel 2024, Mungkinkah?
DOK PRIBADI
Saparuddin Santa - Direktur Eksekutif Visi Indonesia Consulting

Oleh: Saparuddin Santa
Direktur Eksekutif Visi Indonesia Consulting

TRIBUN-TIMUR.COM - Mungkinkah para kandidat yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah ( Pilkada) Gubernur Sulawesi Selatan ( Sulsel ) Tahun 2024 sudah memiliki, dan kemudian, membangun gagasan besar untuk masa depan Sulsel?

Mau di bawa kemana Sulawesi Selatan selama lima atau sepuluh tahun setelah terpilih?

Bagaimana tingkat kesejahteraan masyarakat Sulsel yang ingin di wujudkan selama masa itu?

Apa indikator dan parameter kemajuan yang bisa di tawarkan ke 9.022.276 penduduk Sulawesi Selatan ( BPS Sulsel ; 2022)?.

Bagi para kandidat potensial yang memiliki niat untuk maju, baik di level Gubernur maupun di level Bupati pada Pilkada Sulsel 2024, sudah punyakah anda Cetak Biru untuk membangun Sulawesi Selatan?

Jika memang ada, mengapa anda tidak menyampaikan dan mensosialisasikan gagasan besar anda sejak sekarang? agar para pemilih bisa punya cukup waktu untuk mempelajari dan kemudian bisa meyakini bahwa anda-lah pilihan terbaik untuk Sulawesi Selatan selama lima sampai sepuluh tahun ke depan, pasca 2024.

Pertanyaan-pertanyaan di atas sesungguhnya adalah pertanyaan umum, dan sudah seharusnya muncul ke ruang percakapan publik.

Pertanyaan-pertanyaan itu, bukan hanya di tujukan kepada para kandidat yang hendak maju, tetapi juga kepada masyarakat sebagai calon pemilih harus di biasakan bertanya kepada para tokoh-tokoh Sulsel, yang belakangan ini sudah mulai banyak muncul dan telah menyatakan siap maju menjadi calon Gubernur.

Peran Partai Politik juga di butuhkan, yaitu secara selektif harus mendorong lahirnya Calon pemimpin yang memiliki gagasan besar untuk kemajuan bersama masyarakat Sulsel, tidak hanya untuk kepentingan partai atau kelompok tertentu.

Termasuk, untuk mewujudkan itu, peran media juga sangat penting dalam meng-framing pemberitaan terhadap sosok yang menyatakan bersedia maju di Pilkada 2024.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved