Opini Muh Akbar

Setelah Demo, Apalagi?

asca ditetapkannya kenaikan harga BBM pada tanggal 3 September 2022 pada pukul 14:30 WIB, secara simultan berbagai aksi demonstrasi telah terjadi.

Setelah Demo, Apalagi?
DOK PRIBADI
Muh Akbar - Mahasiswa Sosiologi Universitas Hasanuddin

Oleh: Muh Akbar
Mahasiswa Sosiologi Universitas Hasanuddin

TRIBUN-TIMUR.COM - Pasca ditetapkannya kenaikan harga BBM pada tanggal 3 September 2022 pada pukul 14:30 WIB, secara simultan berbagai aksi demonstrasi telah terjadi di beberapa titik wilayah yang ada di Indonesia, dan, Kota Makassar tergolong yang paling aktif menghiasi langit sorenya dengan orasi, puisi perlawanan, dan suara keresahan atas apa yang menimpa mereka hari-hari belakangan.

Namun, menurut penulis, ada yang cukup mengganggu dari gerakan yang diinisiasi oleh kebanyakan kelompok mahasiswa, Hal ini hadir jelas dalam sebuah video yang beredar di Internet.

Di video itu terdapat seorang ibu sedang berdebat kusir dengan kawanan mahasiswa.

Singkatnya si Ibu memprotes mengapa jalan ditutup, lalu menyarankan mereka mestinya pergi berdemo ke tempat yang dianggap strategis–gedung DPRD semisal.

Mahasiswa sebagai lawan debatnya itu pun menanggapi aksi yang mereka lakukan atas dasar keadaan darurat, dan lebih baik sengsara sementara (dengan menutup jalan) ketimbang sengsara selamanya-yang mungkin ia rujuk adalah kenaikan konsekuensi setelah naiknya BBM.

Dan, mirisnya adalah di Lokasi tempat debat kusir itu berlangsung selang beberapa jam setelahnya saling gesek terjadi antara warga dan mahasiswa.

Entah siapa yang memulai duluan memercik api tersebut sehingga membakar amarah masing-masing pihak. Jelasnya, botol, kayu dan batu kemudian banyak berbicara selepas gesekan terjadi.

Tidak ada kawan, mahasiswa dan masyarakat justru saling melempar satu sama lain.

Usaha untuk meredam amarah yang membuncah terasa membuang waktu saja. Seakan melempar-lempar adalah metode meluapkan emosi paling paripurna dalam kondisi seperti itu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved