Opini Syamril

Opini Syamril: Memahami Tanda-tanda

Seorang karyawan alat-alat laboratorium dengan bangga pulang ke kampungnya. Dia membawa oleh-oleh untuk sahabat karibnya di masa sekolah.

Opini Syamril: Memahami Tanda-tanda
Syamri
Syamril, Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla

Oleh:Syamril
Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla

TRIBUN-TIMUR.COM - Seorang karyawan alat-alat laboratorium dengan bangga pulang ke kampungnya. Dia membawa oleh-oleh untuk sahabat karibnya di masa sekolah. Apa oleh-olehnya? mikroskop.

Ditunjukkannya kehebatan mikroskop yang bisa melihat benda kecil bahkan bakteri yang ada di dalam air. Sahabatnya pun kagum dan takjub. Hadiah itu diterima dengan senang hati.

Temannya dengan bangga memperlihatkan kehebatan mikroskopnya ke orang-orang kampung. Diambilnya daun, kain, dan berbagai barang lain dan diperlihatkannya di bawah mikroskop. Orang kampung kagum dan takjub.

Sampai akhirnya suatu hari saat dia di meja makan terlihat sambal yang selalu menjadi menu favoritnya. Dia penasaran untuk mengamati apa gerangan yang ada di dalam sambalnya.

Diperiksanya dengan mikroskop. Alangkah kagetnya saat terlihat di mikroskop sambal favoritnya penuh dengan makhluk sejenis bakteri.

Bagaimana ini? Sambal ini ternyata berbahaya, mengandung kuman penyakit. Tapi mau dibuang atau berhenti makan sambal juga rasanya tidak mungkin karena sudah menjadi kebiasaan dan nikmat rasanya.

Akhirnya dia kecewa dengan mikroskopnya. Dia memutuskan membuang mikroskop itu. Gara gara mikroskop ini dia jadi takut dan khawatir makan sambal.

Cerita di atas mungkin menggambarkan diri kita yang gagal memahami tanda-tanda. Kata pepatah "buruk wajah cermin dibelah". Tanda-tanda tersebut dapat dilihat pada kehidupan pribadi, keluarga, tempat kerja, masyarakat dan negara.

Dalam kehidupan pribadi tanda itu bisa berupa nasehat atau petuah agama. Kita tidak terima karena mengganggu kebiasaan kita yang salah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved