Opini Dian Safitri

Gen Z Bisa Apa?

Terlalu berambisi, suka hal yang instan, malas, suka membandingkan, suka mengkritik, kebanyakan healing, generasi manja.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur - opini berjudul Gen Z Bisa Apa? 

Oleh: Dian Safitri
Mahasiswa Politeknik STIA LAN Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM - Terlalu berambisi, suka hal yang instan, malas, suka membandingkan, suka mengkritik, kebanyakan healing, generasi manja.

Begitulah generasi tua memandang generasi muda yang lahir di tengah perkembangan teknologi yang dikenal sebagai Gen Z.

Dikarenakan generasi ini lahir di tengah perkembangan teknologi membuat mereka sangat akrab dengan internet terlebih lagi media sosial yang membuat mereka agak berbeda dari generasi sebelumnya dan dianggap sebagai generasi yang hidupnya berada dalam dunia maya, hampir seluruh waktunya dihabiskan untuk mengakses media sosial.

Ditambah lagi keberadaan teknologi yang menjadikan semuanya serba instan yang kemudian membuat mereka dicap sebagai generasi malas. 

Generasi yang lahir di antara tahun 1995 sampai dengan tahun 2010 ini cenderung dianggap anti sosial. Disamping itu, generasi ini sangat up to date yang tidak jarang meluangkan waktu untuk berkomentar terhadap isu-isu yang berkembang di media sosial dan sangat menyukai kebebasan sehingga dianggap generasi minim batas.

Selain itu, Gen Z suka membagikan cerita ataupun keseharian di akun media sosial mereka. Bahkan, media sosial dijadikan sebagai tempat berkeluh kesah.

Terlebih lagi kebiasaan Gen Z yang suka memposting hal-hal yang berbau mental health dan suka liburan atau istilahnya healing sebagai bentuk self-reward membuat mereka dianggap generasi manja dan lemah. 

Akan tetapi, saya rasa hidup di zaman digital saat ini masyarakat sudah tidak asing lagi dengan teknologi juga keberadaan media sosial.

Tidak hanya remaja bahkan orang tua hingga anak-anak menjadikan media sosial sebagai sarana komunikasi ataupun sekedar mencari hiburan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved