Opini Abd Rahman MAg

Islamophobia dan Politisasi Agama

Islamophobia merupakan istilah yang tidak asing ditengah-tengah masyarakat khususnya bagi umat Islam.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur - Opini Tribun Timur berjudul Islamophobia dan Politisasi Agama 

Oleh: Abd Rahman MAg

Mahasiswa S3 UIN Alauddin Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM - Islamophobia merupakan istilah yang tidak asing ditengah-tengah masyarakat khususnya bagi umat Islam. Islamophobia sendiri berasal dari kata “Islam” dan “phobia”.

Islam merupakan agama yang dibawa oleh Nabi Saw yang ajarannya berdasarkan al-Quran dan hadis.

Sedangkan phobia adalah rasa takut berlebihan pada benda atau keadaan tertentu.

Islamophobia adalah prasangka anti muslim yang didasarkan pada bentuk ketakutan berupa kecemasan yang dialami oleh seseorang maupun kelompok sosial terhadap Islam dan orang-orang muslim yang bersumber dari pandangan yang tertutup tentang Islam serta yang disertai prasangka bahwa Islam sebagai agama yang “inferior” yang dianggap tidak pantas untuk dapat berpengaruh terhadap nilai-nilai yang telah ada di tengah-tengah kehidupan sosial masyarakat.

Islamophobia sudah muncul sejak akhir abad 19. Selain ketakutan akan peradaban Islam, “Islam phobia” muncul karena ketakutan Islam di Barat.

Mereka yakin Islam akan sulit bersatu dengan negara komunis.

Setelah perang dingin (1947-1991), dan komunis dan Uni Soviet awal 1990-an hancur, Barat tidak lagi membutuhkan Islam, sehingga berakhirlah politik kerjasama dan perjanjian damai Barat dengan Islam, sehingga atas dalih inilah mereka memunculkan perang peradaban dengan cara membuat propaganda seperti “Islam phobia”.

Islamo phobia merupakan metode rasisme yang jelas dan di terima saat ini dengan menciptakan kesalah pahaman, dan menambah bahan bakar kebencian.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved