Opini Muh Iqbal Latief

Partai Golkar Sulsel, Lakekomae?

Masih ingat sebuah sajak karya penyair Aspar Paturusi tahun 1990 yang berjudul “Lakekomae”? Ini istilah Bahasa Makassar.

TRIBUN TIMUR
Logo Tribun Timur - Opini edisi Senin (25/7/2022) berjudul Partai Golkar Sulsel, Lakekomae 

Oleh: Muh Iqbal Latief
Dosen Sosiologi Fisip Unhas

TRIBUN-TIMUR.COM - Masih ingat sebuah sajak karya penyair Aspar Paturusi tahun 1990 yang berjudul “Lakekomae”? Ini istilah Bahasa Makassar, yang harfiahnya berarti “mau kemana”.

Tetapi makna Lakekomae, tidak sekedar menanyakan kemana, pertanyaan ini muncul pada saat kita sudah bingung dan cenderung kehilangan kesadaran akan tujuan awal yang ingin dicapai.

Kebuntuan yang menyebabkan sikap yang gundah gulana, membuat seseorang yang melihat sikap tersebut spontan akan berkata “lakekomae” (sebenarnya mau kemana ?).

Istilah ini relevan dipertanyakan kepada partai Golkar Sulsel saat ini.

Kisruh yang terjadi di tubuh partai Golkar Sulsel, beberapa hari ini telah menjadi perhatian publik dan menghiasi berita di berbagai koran, menegaskan masih adanya masalah serius di internal kepengurusan Golkar Sulsel yang dikomandoi Taufan Pawe atau TP (yang juga Walikota Pare-Pare).

Sebagaimana diberitakan media massa lokal, bentrok internal yang berujung saling dorong dan hampir adu jotos antara massa Kadir Halid dengan massa AMPG (Angkatan Muda Partai Golkar) yang diketuai Rahman Pina, dibaca oleh publik sebagai bagian dari friksi yang masih ada di tubuh Golkar Sulsel.

Hal ini juga menegaskan bahwa konsolidasi internal cenderung belum berjalan dengan baik, sehingga masih ada kelompok dalam kepengurusan yang merasa diabaikan.

Tentu implikasi dari masalah internal tersebut, akan mempengaruhi kinerja Golkar Sulsel memenangkan kontestasi Pemilu 2024.

Apalagi jika mengamati perolehan suara Golkar di Sulsel selama kurun waktu 10 tahun terakhir, cukup memprihatinkan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved