Opini Abdul Gafar

Kekerasan

Kekerasan telah menjadi bagian dari sisi kehidupan manusia di muka bumi ini, tanpa melihat perkembangan kebudayaannya.

Kekerasan
Tribun Timur
Abdul Gafar. Dosen Purnabakti Ilmu Komunikasi Unhas Makassar

Oleh: Abdul Gafar
Dosen Purnabakti Ilmu Komunikasi
Unhas Makassar

TRIBUN-TIMUR.COM - Kekerasan telah menjadi bagian dari sisi kehidupan manusia di muka bumi ini, tanpa melihat perkembangan kebudayaannya.

Pada masyarakat yang masih dianggap primitif, berkembang, dan sudah maju persoalan kekerasan sesungguhnya sama saja, hanya beda dari segi cara dan pelaksanaannya.

Beberapa waktu lalu, Kapolsekta Tallo Makassar Kompol Badollahi, SH, MAP beserta rombongan mengadakan bincang-bincang santai dengan tokoh masyarakat sekelurahan Suangga di kediaman penulis.

Di tempat ini, selalu diadakan kegiatan yang berkaitan dengan berbagai hal, termasuk ketika dijadikan lokasi TPS pilpres, pilgub, pilwalkot, pileg hingga pemilihan Ketua ORW dan ORT.

Bincang-bincang malam itu berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan terlihat sangat santai.

Pertemuan itu dimediasi oleh Ketua ORT 3 ORW 5 Abdul Rahmat Lodjong dan Ir Andi Emil Salim mantan Ketua LPM Tallo kepada penulis beberapa hari sebelumnya.

Rupanya sang Kapolsek pernah bertugas sebelumnya di wilayah Tallo sehingga sudah memiliki gambaran bagaimana kondisi masyarakat di situ.

Wilayah tempat tinggal penulis memang sudah sering menjadi target sasaran dari aparat keamanan.

Pengerahan pasukan ke tempat itu sudah menjadi santapan biasa dari warga masyarakat. Dahulu, letupan senjata api dianggap sebagai ‘penyemarak’ saja ketika terjadi ‘kunjungan’ aparat ke lokasi tersebut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved