Rampi

Gegara Rampi, Warganet di IG Andi Sudirman: 'Mau Komentar, tapi takut disuruh Keluar dari Indonesia'

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kini sedang jadi sorotan. Kelakarnya itu menyinggung warga Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel yang

Editor: Edi Sumardi
DINAS KOMINFO SP LUTIM
Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman saat menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Luwu Timur Ke-19, di Gedung DPRD Luwu Timur, di Malili, Luwu Timur, Sulsel, Kamis (12/5/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM - Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kini sedang jadi sorotan karena kelakarnya saat menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Istimewa dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Luwu Timur Ke-19, di Gedung DPRD Luwu Timur, di Malili, Luwu Timur, Sulsel, Kamis (12/5/2022).

Kelakarnya itu menyinggung warga Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel yang ingin memisahkan Rampi dari Sulsel, lalu bergabung dengan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengahg (Sulteng) karena masalah jalanannya yang rusak parah diabaikan pemerintah.

"Seperti di Rampi, saya sampaikan di Luwu Utara tadi, katanya ada yang mau keluar dari Sulawesi Selatan ini. Kenapa nda keluar sekalian dari Indonesia, gitu kan?," katanya. 

"Bukan kita tidak mau membangun (jalannya) nda. Kenapa panjangnya, kita tentu bertahap. Kemampuan keuangan wilayah ini tidak sekuat yang kita pikirkan. Kalau kali-kalinya itu ke Rampi itu sekitar 80 kilo saya sudah cek. Kita kasih anggaran ke teman-teman TNI saja untuk buka akses saja," kata Gubernur Sulsel lebih lanjut.

Kelakar Gubernur Sulsel ditambah dengan penjelasan soal lambannya perbaikan jalan poros dari Rampi ke Masamba, ibu kota Luwu Utara itu kurang berterima di hati warga Rampi.

Kepala Suku Rampi, Paulus Sigi mengatakan, Andi Sudirman Sulaiman sebagai pemimpin bagi semua warga Sulsel, seharusnya tak ngomong demikian,

Pemimpin, kata dia, seharusnya memberikan solusi atas aspirasi warga.

"Saya menyayangkan pernyataan Pak Gubernur. Dia tidak memberi solusi, malah seperti meledek," kata Paulus melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Respon Kepala Suku Rampi Soal Pernyataan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

Menurut dia, pernyataan warga Rampi ingin hengkang dari wilayah Sulsel dan pindah ke Poso, Sulawesi Tengah adalah bentuk kekecewaan.

Sebab Rampi belum mendapat fasilitas infrastruktur memadai.

"Aspirasi masyarakat seharusnya dijawab dengan solusi, bukan malah mengeluarkan pernyataan yang menyinggung dan tidak ada solusi," kata Paulus.

Di media sosial Instagram, di akun pribadi milik Andi Sudirman Sulaiman @andisudirman.sulaiman bermunculan komentar yang menyesalkan pernyataan sang gubernur.

Warganet juga membuat tagar #saverampi.

Pemilik akun @er_rsandi menulis komentar, "Mau Komentar, tapi takut disuruh Keluar dari Indonesia.... #SaveRampi."

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved