Breaking News:

Opini Tribun Timur

Milad Hadhrat Masih Mubarak

Iran lengkapnya Republik Islam Iran adalah sebuah negara di Timur Tengah. Sama dengan Indonesia, Iran juga adalah negara multibudaya.

Editor: Sudirman
Milad Hadhrat Masih Mubarak
Ismail Amin
Ismail Amin, Mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan Islam Universitas Internasional Al Mustafa Iran asal Makassar

Ismail Amin

Mahasiswa S3 Ilmu Pendidikan Islam Universitas Internasional Al Mustafa Iran asal Makassar

Iran lengkapnya Republik Islam Iran adalah sebuah negara di Timur Tengah. Sama dengan Indonesia, Iran juga adalah negara multibudaya.

Ras Persia menjadi yang terbanyak dengan 61%, ras lainnya diantaranya Azerbaijan (16%), Kurdi (10%) dan Lorestan (6%). Di Iran juga terdapat keberagaman agama.

Meski saat ini Islam adalah agama mayoritas dan menjadi agama resmi negara dengan populasi mencapai 98% dari total 75 juta jumlah penduduk, namun aslinya Iran adalah tanah air luar biasa bagi agama-agama monoteis dunia.

Dengan jumlah pengikut hampir mencapai 400 ribu, Kristen menjadi agama minoritas terbesar yang diakui di Iran.

Sama halnya di Indonesia, dengan mayoritas muslim, Iran menjadikan Islam sebagai sumber konstitusi yang toleran dengan eksistensi agama lain.

Dengan berprinsip pada surah Albaqarah ayat 256, “Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam) dan prinsip toleransi dalam surah Alkafirun ayat 6, “Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”

Iran mengakui bahwa keragaman manusia termasuk keyakinannya merupakan realitas obyektif yang tidak dapat ditolak dan dihilangkan.

Sesuai Pasal 12 konsitusi Iran (Qanun Asasi Iran) disebutkan bahwa agama resmi Iran adalah Islam dan mazhab resmi adalah Ja’fari Itsna ‘Asyari, sementara mazhab lain yang diakui adalah Hanafi, Syafi’i, Maliki dan Hanbali dan harus diberikan penghormatan penuh.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved