Breaking News:

Opini Tribun Timur

Pilkades

Sejak Oktober lalu, di Sulsel sejumlah desa di daerah kabupaten sibuk ber-Pilkades. Calon Pemimpin desa dipilih langsung oleh warga.

Editor: Sudirman
Pilkades
Tribun Timur
Abdul Karim, Majelis Demokrasi & Humaniora Sulsel.

Oleh: Abdul Karim

Majelis Demokrasi dan Humaniora

Sejak Oktober lalu, di Sulsel sejumlah desa di daerah kabupaten sibuk ber-Pilkades. Calon Pemimpin desa dipilih langsung oleh warga.

Sungguh sebuah kemajuan penting berdemokrasi di negeri ini.

Di layar-layar medsos hiruk-pikuk Pilkades terpajang pula. Ada massa pendukung membentangkan baliho jagoannya menuju TPS seraya yel-yel.

Ada pula dengan berjalan kaki bergerombol berkeliling kampung lantas ke TPS. Inilah demokrasi kampung yang tak pernah kita jumpai saat Orde Baru berkuasa.

Warga menyambut Pilkades dengan penuh gairah. Sebab pilkades terasa lebih spesifik dibanding pemilu atau pilkada.

Barangkali itu dipicu lantaran adanya kedekatan dan keterkaitan secara langsung antara pemilih dan para calon kepala desa yang akan dipilih.

Para calon kepala desa bukan mahluk asing bagi warga. Sementara pada pemilu atau pilkada, mereka yang hendak dipilih laksana mahluk yang turun dari langit dengan beragam janji.

Pilkades juga sebenarnya “menjanji”, tetapi janji-janji didalamnya dirasa kecil resiko pengingkarannya lantaran yang hendak dipilih adalah orang-orang yang tak asing bagi warga desa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved