Breaking News:

Kesehatan

Cara dan Waktu yang Tepat Berjemur di Pagi Hari untuk Hasil Maksimal

Dampak buruk sering berjeur di bawah sinar matahari adalah, sunburn atau kulit terbakar sinar matahari

Editor: Muh. Irham
kompas.com
Ilustrasi berjemur di pagi hari 

TRIBUN-TIMUR.COM - Berjemur di pagi hari tidak hanya memberi efek positif untuk kesehatan tulang, namun juga memiliki efek samping jika tidak dilakukan dengan baik.

Dampak buruk sering berjeur di bawah sinar matahari adalah, sunburn atau kulit terbakar sinar matahari.

Menurut Susie Rendra SpKK FINSDV, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Universitas Indonesia (UI), sunburn yang kasusnya lebih banyak di masa pandemi Covid-19 saat ini terjadi akibat berjemur yang berlebihan.

"Banyak pasien merasa butuh vitamin D dosis tinggi berpikir makin lama berjemur akan makin baik. Iya, tetapi selama tidak terjadi sunburn, yang ditandai kulit menjadi merah, nyeri, terasa panas dan gatal bila disentuh, serta pada beberapa pasien muncul secara cepat dalam hitungan jam, kulit kering," ungkapnya dalam diskusi media, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (28/8/2021).

Bila sudah telanjur muncul masalah sunburn, mengoleskan pelembap kulit bisa menjadi pertolongan pertama.

Menurut dr Susie, Anda sebaiknya tidak mengaplikasikanya terlalu tipis demi mengurangi gatal dan kering. Tetapi, apabila pertolongan ini tak juga membantu, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Dalam beberapa kasus, berjemur yang berlebihan juga bisa menimbulkan lenting-lenting air di kulit dan ini membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Di sisi lain, untuk sebagian orang, berjemur juga dapat memunculkan kelainan kulit akibat pajanan sinar matahari antara lain ruam khususnya pada mereka yang kulitnya sensitif.

Ruam ini biasanya muncul dalam bentuk titik-titik kemerahan, terasa gatal dan lebih sering berada pada area tidak tertutup pakaian seperti lengan atau daerah leher.

Jadi, harus bagaimana agar berjemur tak justru berdampak buruk bagi kulit?

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved