Stadion Mattoanging

OPINI: Ada Apa dengan Stadion Mattoanging?

Kini tersisa reruntuhan bangunan dan beberapa titik lubang tergenang air. Rumput liar menutupi beberapa bongkahan bebatuan dan tanah.

Tribun Timur/Mike
Sadakati Sukma 

Oleh: Sadakati Sukma

Sekretaris Komunitas Suporter Red Gank 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Stadion Mattoanging diratakan pada Oktober tahun lalu, hingga hanya tampak dengan wajah baru, wajah yang tak diinginkan.

Kini tersisa reruntuhan bangunan dan beberapa titik lubang tergenang air. Rumput liar menutupi beberapa bongkahan bebatuan dan tanah.

Ketika dibongkar, pemerintah berjanji akan membangun Stadion Mattoanging yang baru dan lebih bagus.

Namun kini itu tak ubahnya Pemberi Harapan Palsu (PHP ).

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyaksikan Pekerja dengan alat berat melakukan pembongkaran bangunan Stadion Mattoanging Andi Mattalatta di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21102020). Pembongkaran stadion yang dibangun pada 1957 dengan luas lahan 7,5 hektare dan menjadi markas PSM Makassar tersebut akan direnovasi dengan menggunakan APBD sebesar Rp 200 miliar dan ditargetkan selesai awal tahun 2022. tribun timurmuhammad abdiwan
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyaksikan Pekerja dengan alat berat melakukan pembongkaran bangunan Stadion Mattoanging Andi Mattalatta di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (21102020). Pembongkaran stadion yang dibangun pada 1957 dengan luas lahan 7,5 hektare dan menjadi markas PSM Makassar tersebut akan direnovasi dengan menggunakan APBD sebesar Rp 200 miliar dan ditargetkan selesai awal tahun 2022. tribun timurmuhammad abdiwan (TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD ABDIWAN)

Hanya dibongkar dan (mungkin) tak akan dibangun lagi dan meninggalkan sesak di dada.

Lima bulan berlalu, tak ada aktivitas di kawasan ini.

Kita kehilangan wajah pemain-pemain sepak bola idola yang terpaksa harus pindah tempat berlatih dan tanding. Pelari cepat di lintasan khusus itu entah ke mana. Anak-anak yang saban sore mengitari lapangan.

Awalnya kita bisa menerima.

Meyakini bahwa itu kondisi sementara.

Suasana progres proyek revitalisasi di Stadion Mattoanging Makassar, Jumat (532021). Pemkot meminta analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) lalu lintas (lalin) proyek pembangunan Stadion Andi Mattalatta di kawasan Mattoanging dikaji ulang. tribun timurmuhammad abdiwan
Suasana progres proyek revitalisasi di Stadion Mattoanging Makassar, Jumat (532021). Pemkot meminta analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) lalu lintas (lalin) proyek pembangunan Stadion Andi Mattalatta di kawasan Mattoanging dikaji ulang. tribun timurmuhammad abdiwan (TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD ABDIWAN)

Kita hanya perlu bersabar, sebab The New Mattoanging hanya soal waktu. Kita cuma harus menyiapkan suara dan tenaga untuk kembali bersorak mendukung tim kebanggaan.

Tetapi semakin hari semakin berkurang keyakinan itu. Seakan jiwa Mattoanging telah terkubur di reruntuhan bangunannya sendiri. Miris, sedih, dan tanpa harapan. Keinginan untuk melihat wajah baru stadion yang dibangun tahun 1954 dan diresmikan oleh Presiden Sukarno pada 6 Juli 1957 seakan sirna dan memunculkan pertanyaan. Kapan stadion ini akan berdiri kembali?

Janji Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah pembongkaran akan rampung pada akhir Desember, selanjutnya dimulai pembangunan kembali pada awal 2021, belum terbukti.

Tambah apes karena pejabat yang menjanjikan itu kini dibui KPK.

Padahal, semua perencanaan dan persiapan teknis perizinan, menurut beberapa sumber, telah dirampungkan.
Entah kenapa semuanya harus terhenti. Tiba-tiba semuanya menjadi bola panas.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved