Breaking News:

Proyek Kereta Api Sulsel

Pantas Utusan Presiden Jokowi Gebrak Meja, Kereta Api Sulsel Dianggap Bisa Entaskan Kemiskinan Desa

Proyek Kereta Api Sulsel bermasalah soal pembebasan lahan. Utusan Presiden Joko Widodo Febri Calvin Tetelepta gebrak meja karena lahan kacau.

Editor: Muh Hasim Arfah
TRIBUN-TIMUR.COM/MUHAMMAD FADHLY ALI
Deputi I Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Kantor Staf Kepresidenan RI, Febri Calvin Tetelepta diwancara setelah rakor pembangunan proyek strategis nasional (PSN) di Kantor Gubernur Sulsel Jl Urip Sumiharjo Makassar, Rabu (1022021). 

TRIBUN-TIMUR.COM- Proyek Kereta Api Sulsel belum juga rampung hingga Februari 2021.

Padahal, pemerintah sudah mewanti-wanti jalur Kereta Api Sulsel Maros-Parepare rampung akhir tahun 2021. Masalah utama saat ini adalah pembebasan lahan Kereta Api Sulsel di Kabupaten Maros dan Pangkep.

Hal itu yang membuat utusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Deputi I Kantor Staf Kepresidenan, Febri Calvin Tetelepta membuat ketar ketir pejabat Pemerintah Provinsi Sulsel dan Kementerian Perhubungan RI.

Gara-gara Proyek KA Makassar-Parepare, Stafsus Kepresidenan Pukul Meja di Kantor Gubernur

Profil Febry Calvin, Bawahan Moeldoko Habis Gebrak Meja di Sulsel Ternyata Diutus Presiden Jokowi

Soalnya ia menggebrak meja di depan pejabat pemerintah provinsi Sulsel sata Rapat Koordinasi Pembangunan Proyek Strategis Nasional di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (10/2/2021).

Empat bulan lalu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi menceritakan awal hingga kereta api bisa ada di Sulawesi Selatan. 

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi
Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Jumardi (TRIBUN-TIMUR.COM/MUH HASIM ARFAH)

Hal itu dia sampaikan saat sesi Pengecoran Perdana Stasiun Mandalle, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Kamis (1/10/2020). 

Saat dia masih berada di bagian perencanaan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, sudah ada pembahasan tentang kereta api harus ada di Sulawesi Selatan. 

Sehingga, ketika dirinya ditunjuk membawakan seminar di mana-mana, dia selalu menghembuskan terus wacana kereta api di Sulawesi. 

Sebelum memilih pembangunan kereta api Makassar-Parepare, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan diperhadapkan dengan dua pilihan yakni kereta api Mamminasata atau Kereta Api Makassar-Parepare. 

Akhirnya, Dirjen Perkeretaapian mengambil Kereta Api Makassar-Parepare dengan alasan mengentaskan kemiskinan di desa.  

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved