Breaking News:

PT Vale Indonesia Kerjasama dengan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulsel

sekitar 86 persen pelaku usaha UMKM adalah kelompok perempuan yang menandakan adanya keterlibatan

TRIBUN TIMUR/IVAN ISMAR
PT Vale Indonesia Tbk bekerjasama dengan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan Gerakan Belanja Produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau disingkat Gebrakan UMKM di Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Minggu (7/2/2021). 

TRIBUNLUTIM.COM, NUHA - PT Vale Indonesia Tbk bekerjasama dengan Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan (Sulsel) meluncurkan Gerakan Belanja Produk Usaha Mikro Kecil Menengah atau disingkat Gebrakan UMKM di Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur, Minggu (7/2/2021).

Gebrakan UMKM diinisiasi untuk membantu promosi dan memperluas akses pasar produk-produk UMKM binaan PT Vale. Kemitraan untuk pengembangan UMKM yang dilakukan sejak tahun 2018 telah membina 584 pelaku UMKM di Luwu Timur.

Dari jumlah tersebut, sekitar 86 persen pelaku usaha UMKM adalah kelompok perempuan yang menandakan adanya keterlibatan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga serta menggerakkan ekonomi dan pembangunan di Luwu Timur.

Pendampingan terhadap pelaku UMKM tidak hanya pelatihan, melainkan ditindaklanjuti dengan membantu memperkuat akses permodalan dan pasar bagi produk-produk UMKM.

Selain membangun Galeri Kareso di Kecamatan Nuha yang menampung berbagai jenis produk UMKM binaan, seperti makanan ringan, bumbu dapur, produk herbal, kerajinan tangan, dan aneka produk olahan hasil perikanan yang berasal dari Danau Towuti dan Teluk Bone di Malili.

Kemitraan tersebut telah berhasil mengantarkan puluhan produk UMKM binaan untuk menembus pasar Makassar dan sekitarnya, Toraja, Palopo, dan Morowali, serta beberapa produk unggulan UMKM binaan yang sedang dalam proses kerja sama dengan pihak hotel dan ritel modern di Sulawesi Selatan.

Menteri Koperasi dan UKM, Tetan Masduki dalam sambutannya secara virtual mendorong peningkatan belanja produk UMKM untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

"UMKM adalah penggiat ekonomi yang paling handal. Saya sangat mengapresiasi upaya kolaborasi pihak swasta dan asosiasi UKM menjadi mitra strategis untuk memberikan tempat bagi para pelaku UMKM memasarkan produknya dan mendukung kebangkitan UMKM," kata Teten.

Hal senada diutarakan Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa (Kemendes PDTT), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini.

"Saya sangat salut dengan komitmen PT Vale terhadap program pengembangan masyarakatnya khususnya di sektor ekonomi kerakyatan. PT Vale konsisten memberikan dukungan pendampingan mulai dari perencanaan sampai dengan pemasaran,”kata Harlina.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved