Breaking News:

Tribun Parepare

RSUD Andi Makkasau Parepare Kini Punya Alat Endoscopy Urology, Bisa Operasi Saluran Kemih

Kini telah hadir alat kedokteran canggih yang disebut Endoscopy Urology di RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulsel.

ist
Pelaksanaan oprasi Endoscopy Urology di RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulsel, Rabu (3/2/2021). 

TRIBUNPAREPARE.COM, PAREPARE - Kini telah hadir alat kedokteran canggih yang disebut Endoscopy Urology di RSUD Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulsel.

Alat kedokteran canggih ini merupakan pelayanan baru di RSUD Andi Makkasau, yang mana bisa operasi saluran kemih tanpa menimbulkan bekas operasi ataupun luka bedah pada pasien.

Selain itu, waktu pemulihan pasien terbilang singkat dibanding operasi yang dilakukan pada umumnya.

Dokter Ahli Spesialis Urology RSUD Andi Makkasau Parepare, Asykar Palinrungi mengatakan, waktu pemulihan pasien bisa lebih cepat dibandingkan dengan operasi yang terbuka.

"Sebagai contoh, kami mengerjakan pada pasien pembesaran prostat, kalau dengan operasi terbuka membutuhkan waktu kira-kira sampai tujuh hari baru bisa pulang, dan kemungkinan ada pendarahan," katanya kepada awak media, Rabu (3/2/2021).

Dengan adanya teknik operasi menggunakan Endoscopy Urology ini, masa perawatan pasien dipangkas hanya 3 sampai 4 hari saja, dan pasien tanpa luka.

Sementara Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau, dr Ibrahim berharap dengan adanya alat kedokteran baru yang canggih ini, ditambah lagi adanya dokter spesialis Urologi, pelayanan kesehatan serta kemudahan bagi masyarakat dapat lebih baik.

"Antrian di rumah sakit yang ada di Kota Makassar juga dapat dikurangi," kata dr Ibrahim.

"Sebagaimana instruksi Pemerintah Kota dalam hal ini Bapak Wali Kota, agar managemen RSUD Andi Makkasau selalu berpikir secara inovatif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Parepare dan daerah sekitarnya," paparnya.

Sehingga managemen, kata dr Ibrahim, dalam hal ini Direktur RSUD Andi Makkasau harus terus memberikan kebijakan untuk bagaimana caranya agar alat dan dokter spesialisnya segera diadakan.

"Alhamdulillah alat dan dokter spesialisnya sudah ada di rumah sakit kita," terang Ibrahim.

Alat Endoscopy Urology tersebut mulai dioprasikan di RSUD Andi Makkasau tepatnya pada hari ini.

"Alhamdulillah hingga saat ini, sudah ada 3 pasien yang selesai dioperasi. Dan keadaan pasien tersebut semuanya baik dan kini kondisinya normal," ungkap dr Ibrahim.

Laporan wartawan Tribunparepare.com, Darullah, @uull_darullah.

Penulis: Darullah
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved