Breaking News:

Kalender Bugis Makassar:25 Januari 2021 Bertepatan dengan Bilang Taung? Disesuaikan Hari Jadi Sulsel

Kalender Bugis Makassar adalah sistem penanggalan masyarakat Sulawesi Selatan yang disusun berdasarkan lontara.Tahunnya disesuaikan Hari Jadi Sulsel

dok pribadi
Buku Bilang Taung terjemahan beberapa lontara Bilang untuk merumuskan kalender Bugis Makassar 

TRIBUN-TUMUR.COM, MAKASSAR – Inilah awal pekan ke-4 tahun 2021. Senin, 25 Januari 2021 M. Tanggal 25 Januari 2021 bertepatan dengan Hijriah 12 Jumadil Akhir 1442. Lalu, 25 Januari 2021 bertepatan dengan Bilang Taung ke berapa?

Kepada kaum Bugis Makassar di manapun berada, Salamakki tafada salama! Kurrusumangeta maneng!

Sesuai hitungan kalender Bugis Makassar, sistem penanggalan masyarakat Sulawesi Selatan, yang disusun budayawan Sulsel di Singapura, Nor Sidin Ambo Uphex, 25 Januari 2021 bertepatan dengan Bilang Taung 10 Nagai 351 B. Tapi tidak sesederhana itu.

Dalam hitungan kalender Bugis Makassar, sistem penanggalan masyarakat Sulawesi Selatan, nama hari bukan hanya satu. Ada nama hari untuk hitungan tujuh, bilang esso, ada nama hari khusus periode 20, siklus 20, atau Bilang Duappuloh.

Hadirnya kalender Bugis Makassar, sistem penanggalan masyarakat Sulawesi Selatan, atas inisiatif dan dorongan alumnus Fakultas Teknik Unhas Sapri Andi Pamulu.

Sesuai hitungan tujuh, Bilang Esso, Hari Senin disebut Lanra Katiwi, dalam hitungan 20, hari ini hari ke-16 dan disebut Dettia.  Dalam setahun, Seddi Pariyama, tiga siklus 20 berulang empat kali, yakni Juruwata, Banawa, dan Bisaka.

Bulan Januari 2021 ini didominasi siklus Banawa. Dalam Bulan Januari 2021 ini terdapat 9 hari di siklus Juruwata, lalu 20 hari siklus Banawa dan sehari di siklus Bisaka.

Jadi Hari Senin, 25 Januari 2021 bertepatan dengan Bilang Taung Lanra Katiwi 10 Nagai 16 Dettia Banawa 531 B.

Cara penyebutannya atau cara pembacaannya adalah Esso Lanra Katiwi na 10 Nagai ri Seppulonaenneng Dettia Banawa Taung Limaratu Telluppulo Seddih.

Menurut Sapri Andi Pamulu, kalender Bugis Makassar sistem penanggalan masyarakat Sulawesi Selatan, yang disusun budayawan Sulsel di Singapura Nor Sidin Ambo Uphex, dihitung mulai di hari Jadi Sulawesi Selatan, 9 Oktober.

Halaman
1234
Penulis: AS Kambie
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved