Breaking News:

Jusuf Kalla Bertemu Paus Fransiskus

Jusuf Kalla Bertemu Paus Fransiskus Lalu Umrah, Dosen UI: JK Masuk Elite Pengaruh Lampaui SBY & Mega

Ketokohan Jusuf Kalla sudah melampaui SBY, Megawati Soekarnoputri, dan Prabowo Subianto. Jika mau, JK jadi penentu presiden.

dok.tribun
Dr Mulyadi Opu Andi Tadampali, Dosen UI 

Jusuf Kalla Bertemu Paus Fransiskus Lalu Umrah, Dosen UI: JK Masuk Elite Pengaruh Lampaui SBY, Megawati Soekarnoputri, dan Prabowo Subianto

Oleh:

Dr Mulyadi Opu Andi Tadampali, Dosen UI
Dr Mulyadi Opu Andi Tadampali, Dosen UI (dok.tribun)

Dr Mulyadi Opu Andi Tadampali, Dosen Universitas Indonesia (UI)/alumnus Fisipol Universitas Hasanuddin (Unhas)

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -  Sepak terjang Jusuf Kalla (JK) beberapa harga terakhir semakin menjadikannya sebagai elite berpengaruh di dunia saat ini.

Kita saksikan di media, Jusuf Kalla bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, kemudian ke Arab Saudi menyaksikan penandatanganan kerja sama pembangunan Museum Sejarah Nabi. Esoknya Jusuf Kalla umrah di Tanah Suci.

Jusuf Kalla bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Roma, Italia, Jumat (23/10/2020).
Jusuf Kalla bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Roma, Italia, Jumat (23/10/2020). (dok.tribun)
Jusuf Kalla menyaksikan penandatanganan kerja sama pembangunan Museum Sejarah Nabi di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (24/10/2020), sehari stelah Jusuf Kalla bertemu Paus Fransiskus di Vatikan.
Jusuf Kalla menyaksikan penandatanganan kerja sama pembangunan Museum Sejarah Nabi di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (24/10/2020), sehari stelah Jusuf Kalla bertemu Paus Fransiskus di Vatikan. (dok.tribun)
Jusuf Kalla melambaikan tangan ke arah Hajar Aswad saat thawaf di Masjidil Haram, Minggu (25/10/2020). Dua hari sebelumnya, Jusuf Kalla bertemu Paus Fransiskus di Vatikan.
Jusuf Kalla melambaikan tangan ke arah Hajar Aswad saat thawaf di Masjidil Haram, Minggu (25/10/2020). Dua hari sebelumnya, Jusuf Kalla bertemu Paus Fransiskus di Vatikan. (dok.tribun)

Bisa dikatakan, Jusuf Kalla adalah elite paling berpengaruh dan dipandang dunia dari Indonesia saat ini. JK sudah lolos dari elite penguasa dan sudah memasuki elite pengaruh. Tidak sembarang tokoh yang bisa memasuki posisi elite pengaruh.

Dalam lapisan kelas elite, dikenal empat strata. Lapisan terbawah disebut elite penghubung. Kemudian elite antara, lalu elite tandingan, kemudian elite penguasa, dan elite pengaruh.

Tidak semua elite penguasa bisa naik kelas ke elite pengaruh, seperti posisi JK saat ini. Banyak elite penguasa tak mampu naik ke kelas elite pengaruh. Soekarno, Soharto, Gus Dur malah gagal jadi elite penguasa.

Megawati Soekarnoputri pernah di kelas elite penguasa, lalu mau  jadi elite penguasa lagi tapi gagal. Jadi Mega turun kelas jadi elite tandingan, setara dengan Prabowo Subianto yang gagal naik kelas ke elite penguasa.

SBY berhasil bertahan di kelas elite penguasa tapi sepertinya tak bisa naik kelas ke elite pengaruh. Di Indonesia ini sepertinya hanya JK yang bisa tembus ke elite pengaruh.
Untuk menjadi elite penguasa, harus melewati dan berhasil di lapisan elite di bawahnya.

Halaman
12
Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved