Sjamsul Nursalim

Mengenal Sjamsul Nursalim, Koruptor Kelas Kakap Jadi Buronan yang Kabarnya Kini Berada di Shanghai

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan pengendali saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim (SN) sebagai tersangka.

Kompas.com
Mengenal Sjamsul Nursalim, Koruptor Kelas Kakap Jadi Buronan yang Kabarnya Kini Berada di Shanghai 

TRIBUNTIMURWIKI.COM - Setelah Djoko Tjandra, polisi masih mencari beberapa koruptor kelas kakap yang diketahui kabur hingga keluar negeri.

Penangkapan terhadap terpidana korupsi Djoko Tjandra sebagai contoh kerjasama police to police antar negara perlu ditingkatkan oleh Indonesia.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan selain Djoko Tjandra, masih banyak buronan kakap yang diketahui kabur dan bersembunyi di luar negeri.

Di antaranya, buronan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI), Sjamsul dan istrinya Itjih Nursalim.

Dia mengatakan keduanya diduga kuat tengah bersembunyi di Shanghai, China.

Tak Gentar, Ini Strategi Baru yang Disiapkan Man United Rekrut Jadon Sancho

Jalan Tak Pernah Diaspal Sejak Indonesia Merdeka, Warga Bontocani Butuh Perhatian Pemerintah

Mengenal Sjamsul Nursalim, Koruptor Kelas Kakap Jadi Buronan yang Kabarnya Kini Berada di Shanghai
Mengenal Sjamsul Nursalim, Koruptor Kelas Kakap Jadi Buronan yang Kabarnya Kini Berada di Shanghai (Kompas.com)

"Kerjasama internasional pasca tertangkap Joko Tjandra perlu dilanjutkan, sehingga Polri bisa segera menangkap buronan lainnya, seperti bos Gajah Tunggal Syamsul Nursalim dan Itji Nursalim yang saat ini diduga bersembunyi di Shanghai, China," kata Neta dalam keterangannya, Minggu (2/8/2020).

Neta mengatakan suksesi polri dalam kerjasama dengan kepolisian Diraja Malaysia menangkap Djoko Tjandra disebutkan bisa diulang kembali kepada buronan-buronan lainnya.

Termasuk untuk menangkap Sjamsul dan istrinya yang diduga kuat bersembunyi di negeri tirai bambu tersebut.

"Kerjasama yang ditunjukkan pihak Malaysia dengan Indonesia ini patut dicontoh Polri ke depan, khususnya NCB Interpol Polri dalam melakukan lobi ke negara-negara lain yang terdapat buronan koruptor bersembunyi disana, mengingat masih ada 38 buronan NCB Interpol Polri di luar negeri," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, KPK menetapkan Sjamsul dan istrinya Itjih Nursalim sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penerbitan SKL BLBI.

Halaman
1234
Penulis: Nur Fajriani R
Editor: Hasrul
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved