Breaking News:

OPINI PAKAR

Penelitian Unhas Sebut Penyebab Banjir Bandang di Lutra Karena Pembukaan Lahan Tidak Terkontrol

Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin melakukan kajian tentang potensi bencana, terutama bencana banjir di seluruh daerah di Sulawesi Selatan

FACEBOOK/INDAH PUTRI INDRIANI
Lumpur menutupi badan jalan dan menenggelamkan bangunan setelah banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Senin (13/7/2020) malam. 

Duka untuk Masamba

Oleh: Prof Dr Eng Ir Adi Maulana ST MPhil
Kepala Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin dan Guru Besar Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin melakukan kajian tentang potensi bencana, terutama bencana banjir di seluruh daerah di Sulawesi Selatan sejak tahun 2017.

Hasilnya, pada tahun 2019, peta potensi bencana di Sulawesi Selatan dipublikasikan di Journal of Physic.

Salah satu daerah yang berpotensi banjir dengan tingkat risiko tinggi adalah daerah Luwu Utara, khususnya daerah Masamba dan sekitarnya.

Daerah Masamba dan sekitarnya merupakan daerah pedataran yang sangat luas, terbentuk dari proses erosi dan sedimentasi selama ribuan bahkan jutaan tahun.

Banjir di Masamba Luwu Utara atau Lutra: 15 Meninggal, 46 Hilang, 15 Ribu Mengungsi #PrayforMasamba

Menempati luas areal sekitar 50 km x 30 km, pedataran ini disusun oleh material alluvial, dengan sumber dari batuan berupa material-material yang berasal dari pegunungan di bagian utara, timur dan baratnya.

Di bagian utara, didapati pegunungan yang disusun oleh Formasi Kambuno, berupa batuan dengan komposisi granitik sampai dengan dioritik.

Sementara di bagian timurnya disusun oleh pegunungan dengan komposisi batuan metamorfik dari Kompleks Pompangeo.

Aksi Cepat Tanggap Dirikan Posko Kemanusiaan Peduli Banjir Bandang Masamba
Aksi Cepat Tanggap Dirikan Posko Kemanusiaan Peduli Banjir Bandang Masamba (ACT)

Kondisi morfologi daerah ini bagaikan cekungan kecil, yang diapit oleh pegunungan dibagian utara, timur dan barat dan dibatasi oleh Teluk Bone dibagian selatannya.

Halaman
123
Editor: Jumadi Mappanganro
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved