Breaking News:

Kasus Fee 30 Persen

JPU Pertanyakan Uang Rp 20 Juta yang Masuk ke Rekening Danny Pomanto

Sidang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar Jl Kartini, Kecamatan Ujung Pandang

Penulis: Hasan Basri | Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN-TIMUR.COM/HASAN
Mantan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto dihadirkan dalam sidang kasus dugaan korupsi fee 30 persen dana sosialisasi dan penyuluhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kota Makassar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar, Kamis (4/6/2020). 

TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan sembilan saksi dalam
sidang kasus dugaan korupsi fee 30 persen dana sosialisasi dan penyuluhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di Kecamatan se-Kota Makassar.

Sidang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar Jl Kartini, Kecamatan Ujung Pandang, Kamis (04/6/2020) sekitar pukul 10.00 wita.

Kesembilan saksi ini yakni Kepala BPKAD Erwin Haiyya, Mantan Wali Kota Makassar Danny Pomanto, dan enam anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Makassar.

Diantaranya, Iwan Djafar, Zaenal Deng Beta, Abdi Asmara, Supratman, Rahman Pina, Fasrudin Rusli dan mantan anggota Dewan, Busranuddin Basotika.

Dalam sidang yang dipimpin langsung Daniel Pratu dan dua majelis Hakim lainnya diawali dengan memeriksa saksi Erwin Haiya secara online.

Setelah itu, giliran memeriksa mantan Wali Kota Makassar. Danny Pomanto dihadirkan langsung di ruang utama persidangan Pengadilan Negeri Makassar.

Dalam sidang, Danny dicecar sejumlah pertanyaan. Salah satu ditanyakan terkait asal usul uang Rp 20 juta yang masuk ke rekening Danny Pomanto.

Danny membenarkan adanya uang masuk ke rekening pribadinya yang ditransfer langsung Erwin Haiyya Kepala BPKAD yang juga terdakwa dalam kasus fee 30 persen.

Uang itu ditransfer atas permintaan Firman Pagarra. "Karena tidak punya rekening, maka dia (Firman Paggara) hubungi Hamri untuk transfer ke DP waktu dia Singapura dan itu betul. Tapi itu 20 juta dia pinjam nanti dia balik baru di kembalikan, " ujarnya.

Senada disampaikan Jaksa Penuntut Umum, Ruri Adrianto. "Terkait yang masuk ke rekening DP
Seperti yang dijelaskan tadi.DP membenarkan bahwa uang dia dipakai Firman Pagarra'" Ujarnya.

Ruri mengaku untuk sidang selanjutnya akan panggil Firman Pagarra untuk kesesuaian pernyataan Danny Pomanto tersebut.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved