Update Corona Luwu Timur

Punya Alat TCM, Luwu Timur Akhirnya Bisa Lakukan Uji Swab Test Covid-19

Mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) Swab Covid-19 di RSUD I La Galigo Luwu Timur, Jl Sangkurwira, Desa Arolipu, segera dioperasikan.

TRIBUN TIMUR/IVAN ISMAR
Bupati Luwu Timur, Thorig Husler 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) Swab Covid-19 di RSUD I La Galigo Luwu Timur, Jl Sangkurwira, Desa Arolipu, Kecamatan Wotu, Sulawesi Selatan (Sulsel) segera dioperasikan.

Bupati Luwu Timur, Thorig Husler sudah menginstruksikan Direktur RSUD I La Galigo, dr Benny segera mengoperasikan alat tersebut.

Instruksi Husler menyusul sudah keluarnya izin operasional dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI perihal pengoperasian TCM Swab ini.

"Alhamdulliah, sekian lama kita tunggu-tunggu akhirnya Kemenkes memberikan ijin untuk mengoperasikan TCM ini,"

"Dengan begitu mesin TCM sudah bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19," kata Husler kepada wartawan, Jumat (22/5/2020) malam.

Alat ini sambung Husler adalah pembagian dari Kemenkes RI pada tahun 2018. Khusus di Luwu Timur, alat ini ditempatkan di RSUD I La Galigo Wotu.

Sedianya, alat ini berfungsi untuk memeriksa pasien tuberculosis atau TBC.

"Mesin TCM ini awalnya untuk pasien TBC tetapi karena cartridge kita ganti dengan cartridge Covid-19 sehingga dapat digunakan untuk memeriksa Swab Covid-19," jelas Husler.

Sebelumnya, Husler sudah mendesak Direktur RSUD I La Galigo agar menggunakan alat TCM-TB sebagai alat Swab Covid-19 pada Maret lalu.

Penggunaannya terkendala, karena waktu itu, Kemenkes RI belum mengeluarkan ijin operasional alat ini untuk swab test. 

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved