Keluarkan Surat Instruksi ke PT CLM dan PT PUL, DPRD Luwu Timur: Tindakan Bupati Sudah Benar

Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur, Usman Sadik mengatakan upaya yang sudah dilakukan Bupati Luwu Timur sudah benar.

Keluarkan Surat Instruksi ke PT CLM dan PT PUL, DPRD Luwu Timur: Tindakan Bupati Sudah Benar
ivan/tribunlutim.com
Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur, Usman Sadik bersama anggota Komisi III serta Kepala DLH Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad melakukan kunjungan di lokasi tambang PT CLM. Kunjungan melihat kondisi sediment pond PT CLM yang overload, Jumat (3/1/2020). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Bupati Luwu Timur, Thorig Husler sudah mengeluarkan surat instruksi kepada PT Citra Lampia Mandiri (CLM) dan PT Prima Utama Lestari (PUL). Dua perusaahaan ini bergerak di sektor tambang.

PT CLM beroperasi di wilayah Desa Harapan, Pongkeru, Kecamatan Malili. Sementara PT PUL beroperasi di wilayah Desa Ussu, Salociu, Kecamatan Malili.

Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur, Usman Sadik mengatakan upaya yang sudah dilakukan Bupati Luwu Timur sudah benar.

"Tindakan bupati sudah benar dalam rangka perbaikan," kata Usman kepada TribunLutim.com, Jumat (17/1/2020).

DPRD kata Usman sudah sejak awal meminta (PT CLM dan PT PUL) untuk menyelesaikan rekomendasi analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Surat instruksi ke PT CLM berdasarkan hasil peninjauan lapangan DLH Luwu Timur pasca luapan settling pond A, B, C dan D pada Blok Kandeapi Baru PIT B1 dan B2.

Dimana menyebabkan peningkatan kekeruhan
pada DAS Sungai Pongkeru (terletak di sebelah Timur Blok Kandeapi Baru).

Serta mengacu pada kesimpulan hasil investigasi kasus lingkungan yang dikeluarkan oleh Tim Inspektur Tambang Dinas ESDM Sulsel pada tanggal 13 Januari 2020.

Surat ke PT CLM, ada delapan poin instruksi yang harus dipenuhi salah satu poinnya adalah membuat dan memperbaiki Sump untuk nenampung air limpasan hujan dan air tambang  pada area PIT Kandeapi sesuai dengan catchment area.

Sementara surat instruksi PT PUL merujuk pada hasil tinjauan lapangan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur pasca meluapnya lumpur yang membawa sedimen berwarna merah kecoklatan di jalan poros provinsi.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved