Tribun Luwu Utara

Bupati Luwu Utara: Anak-anak Tidak Boleh Dipaksa Calistung

Kehadiran TK tersebut jadi sebuah kesyukuran tersendiri, mengingat komitmen pemerintah yang mengharuskan anak-anak mengenyam pendidikan TK/sederajat

Bupati Luwu Utara: Anak-anak Tidak Boleh Dipaksa Calistung
chalik / tribun timur
Taman Kanak-kanak (TK) Bina Insan di Desa Sadar, Kecamatan Bone-bone, diresmikan oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani 

TRIBUNLUTRA.COM, BONEBONE - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, meresmikan Taman Kanak-kanak (TK) Bina Insan yang berada di Desa Sadar, Kecamatan Bone-bone.

Kehadiran TK tersebut jadi sebuah kesyukuran tersendiri, mengingat komitmen pemerintah yang mengharuskan anak-anak mengenyam pendidikan TK/sederajat sebelum masuk sekolah dasar.

"Menjadi komitmen pemerintah bahwa ke depan tidak ada lagi anak-anak kita yang langsung mengenyam pendidikan sekolah dasar jika tidak menempuh pendidikan TK terlebih dahulu. Sebab biasanya semangat bersekolah di TK lebih baik, karena mereka sudah belajar berinteraksi sejak dini," ujar Indah via rilis Humas, Kamis (26/12/2019).

Di hadapan guru dan orang tua murid, mantan Dosen Universitas Indonesia mengingatkan kembali agar anak-anak yang mengenyam pendidikan di TK tidak dipaksakan bisa calistung, cukup diperkenalkan. 

Fokus pada pembentukan karakter, pendidikan budi pekerti. Seperti kejujuran, keadilan, sopan santun, menghargai yang berbeda dengannya.

"Para orang tua tidak perlu khawatir,  rangking bukan prasyarat untuk sukses. Jadi anak-anak tidak boleh dipaksakan untuk bisa calistung sebab yang lebih penting adalah mengajarkan tentang etika atau adab," kata Indah.

Pasalnya, orang yang berilmu belum tentu beretika, tapi orang yang mengerti etika dan terbentuk karakternya biasa lebih gampang menyerap ilmu.

Indah juga menitip pesan kepada orang tua agar memastikan anaknya tetap melanjutkan pendidikan minimal hingga SMA atau wajib belajar 12 tahun.

"Sekolah bukan sekadar bangunan fisik tapi sesungguhnya ada pesan yang ingin disampaikan Negara melalui bangunan ini. Yakni menjadi kewajiban kita untuk mendidik anak sejak dini dan membentuk karakter mereka menjadi SDM yang unggul," katanya.

"Saya titip anak-anak, pastikan tetap bersekolah minimal sampai SMA. Tapi saya berharap bisa dikuliahkan," tutup Indah.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved