Tribun Ekonomi

Penyebab Sulsel Inflasi 0,11 Persen di Bulan November

Data dikutip dari website BPS Sulsel, terjadinya inflasi disebabkan oleh naiknya harga pada lima kelompok pengeluaran yang ditunjukkan

Penyebab Sulsel Inflasi 0,11 Persen di Bulan November
fahrizal syam/tribun-timur.com
Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami inflasi sebesar 0,11 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 139,03 pada November 2019.

Terjadi peningkatan IHK dari 138,88 pada Oktober 2019 menjadi 139,03 pada Novber, sementara tingkat inflasi tahun kalender (Januari-November 2019) sebesar 2,31 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (November 2019 terhadap November 2018) sebesar 3,19 persen.

Penghitungan inflasi/deflasi Sulsel bulan November 2019 didasarkan pada hasil survei harga konsumen yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan pada pasar tradisional dan pasar modern/swalayan di 5 kota IHK nasional.

Data dikutip dari website BPS Sulsel, terjadinya inflasi disebabkan oleh naiknya harga pada lima kelompok pengeluaran yang ditunjukkan oleh naiknya IHK pada kelompok tersebut.

Lima kelompok tersebut yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,29%, kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,19%, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar 0,18%, kelompok kesehatan 0,14%; dan kelompok sandang 0,10% persen.

"Sementara itu kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga dan kelompok transportasi, komunikasi, dan keuangan mengalami deflasi masing-masing sebesar 0,03% dan 0,32%," kata Kepala BPS Sulsel Yos Rusdiansyah.

Beberapa komoditas yang memberikan andil/sumbangan tertinggi terhadap inflasi Sulawesi Selatan pada November 2019 antara lain tomat buah, tomat sayur, ikan bandeng, papan, semen, pisang, kacang panjang, rokok putih, bawang merah, nasi dengan lauk.

Sedangkan sepuluh komoditas yang dominan memberikan andil deflasi antara lain cabai rawit, tarif angkutan udara, cabai merah, daging sapi, kangkung, apel, bawang putih, teri, nangka muda, ikan teri basah.

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved