UNCP Tuntut Dana SPT

BREAKINGNEWS : Tuntut Kejelasan Dana SPT, Mahasiswa UNCP Segel Ruang Rektorat

Aksi dilakukan dengan membakar. Mahasiswa menuntut rektor untuk transparan dalam mengelola dana Sistem Pembiayaan Tunggal (SPT) yang dibayar bervarias

BREAKINGNEWS : Tuntut Kejelasan Dana SPT, Mahasiswa UNCP Segel Ruang Rektorat
Hamdan Tribun Palopo
Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, berunjuk rasa di kantor Rektorat, Jl Anggrek, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Jumat (29/11/2019) siang. 

TRIBUNPALOPO.COM, WARA - Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, berunjuk rasa di kantor Rektorat, Jl Anggrek, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Jumat (29/11/2019) siang.

Aksi dilakukan dengan membakar ban bekas. Mahasiswa menuntut rektor untuk transparan dalam mengelola dana Sistem Pembiayaan Tunggal (SPT) yang dibayar bervariasi sesuai gelombang masuk.

Menurut Mahasiswa Roni Sianturi sejak diterapkannya sistem SPT alokasi anggaran tidak jelas tidak seperti Biaya Kuliah Tunggal (BKT) yang sebelumnya diterapkan di UNCP.

“SPT ini sejak diterapkan mahasiswa hanya membayar sekaligus tanpa ada transparansi dari birokrasi atau Rektor,” kata Roni.

Roni menambah SPT dibayar berdasarkan gelobang masuk mulai dari Rp 1.3 juta untuk 3 fakultas dan Rp 2.250 juta untuk fakultas tekhnik untuk gelombang awal, namun pengelolaan tersebut dinilai oleh mahasiswa tidak transparan.

“Yang menjadi problem juga karena adanya penggelombangan, pada hal sebelum diterapkan sistem SPT ini pihak birokrasi mengatakan bahwa ini adalah ada relasi antara sistem SPT dan BKT namun nyatanya tidak, sehingga secara tidak langsung pihak birokrasi memang melakukan pungli terhadap mahasiswa, bukannya memberikan kemudahan kepada mahasiswa,” ucapnya.

Mahasiswa menyegel ruang rektorat, sejumlah staf dan wakil rektor masih berada dalam ruangan karena tersegel.

Itu saat mahasiswa mencoba ke dalam ruang rektorat untuk meminta kejelasan penggunaan dana tersebut, namun pihak rektorat tidak memberikan penjelasan yang detil.

Saat di dalam ruangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Suhardi mengatakan kepada mahasiswa bahwa hal ini sudah jelas.

Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, berunjuk rasa di kantor Rektorat, Jl Anggrek, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Jumat (29/11/2019) siang.
Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) Kota Palopo, Sulawesi Selatan, berunjuk rasa di kantor Rektorat, Jl Anggrek, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Jumat (29/11/2019) siang. (Hamdan Tribun Palopo)

“Hal ini sudah jelas, bahkan kampus UNCP diakui sudah dikelola dengan baik,” ujarnya di hadapan mahasiswa.

Aksi mahasiswa akan terus berlanjut hingga rektor memberikan kejelasan. (*)

Laporan Wartawan TribunPalopo.Com, @hamdansoeharto_

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

 

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved