CITIZEN REPORT

Tiga Hari Dua Malam, Emak-emak 93 Smanli Makassar Jelajahi Toraja-Enrekang

Di dalam gua itu ada sepasang tengkorak di depan peti berukuran besar. Katanya sepasang kekasih yang bunuh diri karena dilarang nikah.

Tiga Hari Dua Malam, Emak-emak 93 Smanli Makassar Jelajahi Toraja-Enrekang
Dokumen Smanli 93 Makassar
Emak-emak Smanli 93 Makassar saat berada di 'Negeri di Atas Awan', Lolai, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/10/2019) lalu. 

Laporan: Nidya Harun
Anggota Emak-emak Smanli 93 Makassar

Kami dari alumni SMAN 5 (Smanli) Makassar angkatan 1993 melakukan trip wisata ke sejumlah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Meski kami melalui beberapa kabupaten, namun fokus kami adalah Barru, Enrekang, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Kami mengunjungi destinasi menarik yang ada di daerah ini dalam tur yang berdurasi tiga hari dua malam, 11-13 Oktober 2019.

Karena kami seluruhnya adalah perempuan maka grup kami ini diberi nama Emak-emak Smanli 93. Kami berasal dari berbagai profesi seperti notaris, dokter, pengusaha, PNS, guru mengaji, hingga ibu rumah tangga.

Kami telah berkali-kali melakukan tur wisata baik di Sulsel maupun di pulau Jawa dan Bali. Beberapa kali kami tur ke Jawa untuk mengunjungi Jogya, Bandung, Solo, Malang, Surabaya, hingga Bali.

Untuk Sulsel, kami pernah ke Apparalang dan Bira di Bulukumba, Rammang-rammang di Maros, Lappa Laona di Barru, dan Kebun Raya Jompie di Pare. Semuanya selalu kami abadikan dalam bentuk swafoto.

Tur Emak-emak Smanli 93 ke Toraja-Enrekang_1
Tur Emak-emak Smanli 93 ke Toraja-Enrekang_1 (Dokumen Emak-emak Smanli 93 Makassar)

Nah, kali ini, kami memilih untuk mengunjungi Negeri di Atas Awan, Lolai, Kabupaten Toraja Utara. Meski fokus utama kami ke Lolai, tapi kami juga mengunjungi tempat-tempat lainnya di kawasan ini.

Menggunakan mobil wisata Toyota Hiace berkapasitas 14 seat itu, kami start dari Kota Makassar pada Jumat (11/10/19) sekitar pukul 09.00 wita.

Kami memang sudah menjadwalkan untuk singgah makan siang di Madising, Kabupatan Barru. Kami dijamu salah seorang personel grup Emak-emak Smanli 93, Andi Mindaryani, seorang notaris di Barru.

Halaman
1234
Penulis: CitizenReporter
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved