Setahun Gempa Palu, Tsunami & Likuifaksi, IKA Unhas Gagas Program Percepatan Pembangunan Sulteng

Fokus Tudang Sipulung adalah peran konkret alumni Unhas dalam pembangunan pascaperistiwa Gempa, Tsunami & Likuifaksi 28 September 2018 lalu.

Setahun Gempa Palu, Tsunami & Likuifaksi, IKA Unhas Gagas Program Percepatan Pembangunan Sulteng
dok ika unhas
Ir Sapri Pamulu MEng PhD mewakili Pengurus Pusat IKA Unhas saat acara Tudang Sipulung di acara pengukuhan IKA Unhas Sulteng, Palu, Sabtu (28/9/2019). Ika Unhas Sulteng dituntut berperan aktif dalam pembangunan pascaperistiwa Gempa, Tsunami & Likuifaksi 28 September 2018 lalu. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin atau IKA Unhas Sulawesi Tengah (Sulteng) mengadakan Tudang Sipulung, Sabtu (28/9/2019) lalu.

Dikutip dari rilis Humas Unhas, Senin (30/9/2019), Tudang Sipulung tersebut dihadiri beberapa alumni Unhas rangkaian acara pengukuhan Ika Unhas Sulteng 2019-2023.

Fokus Tudang Sipulung adalah peran konkret alumni Unhas dalam pembangunan pascaperistiwa Gempa, Tsunami & Likuifaksi 28 September 2018 lalu.

Baca: Kisah Penemuan 7 Jenderal TNI Pahlawan Revolusi Korban G30S oleh Pahlawan Asal Sulsel Maulwi Saelan

Baca: Lowongan Kerja SMA D3 S1 - BUMN PT Pegadaian Butuh Karyawan, Daftar Online, Ini Benefif Jika Lulus

Kegiatan Tudang Sipulung dilangsungkan di Aula Kantor Gubernur Sulteng, Kota Palu. 

Kegiatan ini dihadiri sekitar 250 alumni dari berbagai fakultas dan angkatan.

Pembicara dalam Tudang Sipulung yakni mewakili Pengurus Pusat Ika Unhas Sapri Pamulu PhD, Kepala Bappeda Provinsi Sulteng Dr Hasanuddin Atja.

Lalu akademisi/praktisi kegempaan Ir Abdullah MT, Azis (koordinator pengungsi), dan dari BPJS Kesehatan.

Ada beberapa poin yang dipaparkan Sapri Pamulu PhD bersama Kepala Bappeda Sulteng Dr Hasanuddin Atja.

"Saya mengusulkan agar alumni Unhas berkontribusi aktif dalam rekomendasi kebijakan terkait gagasan pembangunan infrastruktur pada bencana, baik infrastruktur fisik maupun sosial.

Baca: Samsung Galaxy A70s Meluncur Berkamera 64 MP, Ini Spesifikasi Lengkap dan Video Unboxing

Baca: Unhas Posisi 8 Perguruan Tinggi Non Vokasi, Begini Reaksi Wakil Sekretaris IKA Unhas Sapri Pamulu

"Ini momentum yang paling tepat untuk mengusulkan berbagai kebijakan, program-program, dan rencana aksi," ujar Sapri Pamulu.

Lebih lanjut, kata Sapri, saat ini adalah momen yang tepat untuk menunjukkan peran Ika Unhas dalam kontribusi pembangunan Sulawesi Tengah.

Gagasan di Tudang Sipulung

Dari kegiatan tudang sipulung Ika Unhas Sulteng dihasilkan beberapa pokok pikiran terkait pembangunan di Sulteng yang akan dilakukan.

Ika Unhas Sulteng berperan aktif dalam melakukan Kajian-kajian kegempaan khususnya di Sulteng,

Aktif sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang mitigasi bencana dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam, sehingga warga masyarakat bersahabat dengan bencana alam.

Perencanaan infrastruktur tahan bencana alam (gempa bumi, tsunami, liquifaksi, penurunan muka tanah, dll)., terutama pada wilayah-wilayah rawan bencana alam.
Memberikan masukan kepada pemerintah daerah kab./kota di Sulawesi Tengah, tentang perencanaa daerah (Rencana Tata Ruang Wilayah) yang berbasis informasi kebencanaan. 
Selain itu ke depan akan digelar Seminar Rantai pasok baru dalam rangka pemindahan ibu kota RI ke Kaltim. Event ini akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2019 di Swissbell Makassar.

Baca: Kedokteran Unhas Keluarkan SK untuk Enam Dosen Asing, Ini Alasannya

Baca: BCA Beri Beasiswa Rp 250 Juta Bagi Mahasiswa Berprestasi Unhas

Pembentukan simpul Kerjasama Pemerintah daerah dan Badan usaha (KPBU) dan menjadikan program jangka panjang (Pemerintah, swasta/badan usaha).

Hal itu sebagai suatu Model Pembanguan partisipatif, dimana pengusaha lokal perlu diberi kesempatan dalam KPBU, termasuk untuk pembangunan infrastruktur.

Ika Unhas Sulteng juga diharapkan dapat berperan  aktif dalam pengembangan data base berbasis GIS sebagai sumber data yang sama (terintegrasi).

Lalu rancangan Pembangunan 5 tahun ke depan untuk calon gubernur Sulteng dan Bupati/Walikota periode selanjutnya.

Rancangan antisipasi pemindahan ibukota RI dari Jakarta ke Kaltim, termasuk pembangunan akses lintas Sulawesi Tengah Kalimantan Timur (Jalur Tambu – Kaltim).

Halaman
123
Penulis: Alfian
Editor: Arif Fuddin Usman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved