VIDEO: Ramah Tamah Raja se-Nusantara di Wotu Luwu Timur, dari Karpet Merah Hingga Dange

Ramah tamah di SalassaE (baruga) Dusun Benteng, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Badan Pekerja Adat Lembaga Adat Bawalipu sukses melaksanakan Ramah Ramah Raja dan Sultan se-Nusantara, Kamis (12/9/2019).

Ramah tamah di SalassaE (baruga) Dusun Benteng, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca: VIDEO; Drama I La Galigo Mbuli I Lipu Ontonna Luwu Dipertunjukkan di Wotu Luwu Timur

Kegiatan ini rangkaian Festival Keraton Nusantara (FKN) ke XIII tahun 2019 di mana Kedatuan Luwu sebagai tuan rumah dan telah berlangsung sejak 6 September 2019 hingga 12 September hari ini.

Macoa Bawalipu ke-61, Bau Muh Aras Abdi To Baji Pua Sinri menyambut tamunya Sri Paduka Datu Luwu, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, raja dan sultan se-nusantara dengan karpet merah.

Baca: Ribuan Warga Luwu Timur Nonton Pementasan I La Galigo Mbuli I Lipu Ontonna Luwu

Lengkap pula dengan atap dari kain merah sebagai peneduh bagi tamu menuju SalassaE yang dibentangkan sejumlah olitau (pemuda).

Sementara di dekat SalassaE sudah berjejer sejumlah tenda yang menampung ribuan tamu adat dan warga yang ingin menyaksikan acara ini.

Tari Kajangki dan Sumajo menjadi persembahan bagi tamu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Wotu. 

Baca: Wotu Jadi Tuan Rumah Ramah Tamah Raja Sultan se-Nusantara, Ini Kata Bupati Luwu Timur

Tim Verifikasi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional, Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sudah memverifikasi Tari Sumajo, pada Kamis (17/5/2019).

Sementara Tari Kajangki yang merupakan tadi adat Wotu, pada tahun 2018 sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda.

Macoa menilai seni budaya Luwu Timur sesungguhnya sejajar dengan budaya lain di nusantara.

ramah tamah raja dan sultan se-nusantara di SalassaE (baruga), Dusun Benteng, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai rangkaian Festival Keraton Nusantara (FKN) ke XIII, Kamis (12/9/2019).
ramah tamah raja dan sultan se-nusantara di SalassaE (baruga), Dusun Benteng, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai rangkaian Festival Keraton Nusantara (FKN) ke XIII, Kamis (12/9/2019). (Ivan ismar)
Halaman
1234
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved