Pakis, Kerang, dan Tempurung Kelapa Jadi Andalan Kerajinan Sinjai

Sebelumnya, pada sesi pemaparan Dekranasda Kabupaten/Kota, Dekranasda Sinjai yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupat

Pakis, Kerang, dan Tempurung Kelapa Jadi Andalan Kerajinan Sinjai
Syamsul Bahri/Tribun Timur
Warga sedang memperhatikan hasil kerajinan kerang asal Kecamatan Pulau Sembilan. Kerang masuk dalam andalan kerajinan Sinjai 

TRIBUN TIMUR.COM, SINJAI - Musyawarah Daerah dan Rapat Kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan ditutup Rabu (7/8/2019) di Ballroom Sandeq C Hotel Claro Makassar.

Sebelumnya, pada sesi pemaparan Dekranasda Kabupaten/Kota, Dekranasda Sinjai yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sinjai, Abdu Rahman memaparkan potensi kerajinan Sinjai.

Copot Pangdam dan Kapolda hingga Bawahannya Kata Jokowi Jika Tak Ikut Aturan Main

Lima Bocah Dianiaya Remaja 18 Tahun di Jl Mappaoddang Makassar

Besok TMMD ke-105 Kodim 1424 Sinjai Ditutup di Kecamatan Bulupoddo

Marahnya Menteri Susi ke Menteri Era Megawati, Kerjanya Disebut Hancur Lebur, Lihat Balasannya

Mahasiswa Teknik Pimpin BEM Unhas, Fakultas MIPA Menolak

"Sinjai memiliki berbagai potensi kerajinan yaitu kayu pakis, kerang, tempurung kelapa, anyaman serat lontar, anyaman pelepah pisang, bambu, dan batu permata. Diantara jenis-jenis potensi tersebut tiga produk yang kemudian menjadi unggulan Sinjai adalah kerajinan pakis, kerang, dan tempurung kelapa" paparnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto mengatakan bahwa pengembangan kerajinan di Sinjai masih membutuhkan pembinaan dan promosi.

Menurutnya pengembangan kerajinan masih menghadapi berbagai hambatan diantaranya mutu produk yang masih belum sesuai standar, pemasarannya terbatas, dan kualitas SDM masih rendah.

"Kami berharap Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan dapat memberikan dukungan melalui pelatihan bagi pelaku usaha kerajinan serta membantu membuka akses promosi produk bagi mereka,"

Warga sedang memperhatikan hasil kerajinan kerang asal Kecamatan Pulau Sembilan. Kerang masuk dalam andalan kerajinan Sinjai
Warga sedang memperhatikan hasil kerajinan kerang asal Kecamatan Pulau Sembilan. Kerang masuk dalam andalan kerajinan Sinjai (Syamsul Bahri/Tribun Timur)

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Liestiaty F. Nurdin menyampaikan apresiasi kepada para Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang tetap mengikuti proses Raker hingga penutupan. Ia berharap Musda ini dapat menghasilkan rumusan terbaik guna mendengar langsung apa yang menjadi kebutuhan Dekranasda Kabupaten/Kota.

"Kita akan berupaya agar Dekranasda mendapatkan perhatian dan dukungan dari Pemerintah Provinsi sehingga kita bisa bersama-sama mengembangkan kerajinan dan meningkatkan kualitas SDM pengrajin di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan"

Penutupan Musda dan Raker Dekranasda Sulawesi Selatan Tahun 2019 dihadiri oleh Pengurus Dekranasda Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Sulawesi Selatan. (*)

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp 
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved